Bisnis Photo Copy Masih Menjajikan

 317 total views,  2 views today

Pagawai Foto Copy

Pagawai Foto Copy

PALEMBANG | KS-Tingginya akan kebutuhan orang untuk menggunakan jasa photo copy, tidak salah jika pemilik jasa Photo Copybanyak meraup untung dari usaha ini. seperti salah satu Photo Copyyang terletak di Jalan Aryodillah III Km 3,5 Palembang.

Cici pemilik jasa Photo Copymengungkapkan, sejak berdirinya kios Photo Copymiliknya pada 2001 banyak konsumen yang berdatangan mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga pegawai kantoran.

“Selain layanan Photo Copytokohnya juga menyediakan jasa penjilidan, dan pengetikan. Dari berbagai jasa yang disediakannya, jasa Photo Copydan jilid buku paling laris,” katanya, Senin (25/11).

Untuk foto kopy, Cici mengenakan tarif Rp 125 per lembar, sementara tarif jilid mulai Rp 3.500 hingga Rp 35.000 tegantung dengan banyak jilidannya. Omzet bisnis Photo Copyini lumayan besar.

Dari Photo Copysaja, tokoh tempat Cici ini bisa mengantongi omzet Rp 10 juta per bulan. “Untuk Photo Copyini, dalam sehari kami menghabiskan lebih dari 5 rim kertas A4 dan folio,” jelasnya.

Sementara itu Yudi, pemilik kios Photo Copy Balqi di Jalan. KH. Banten 6 Plaju Palembang menyediakan layanan digital printing yang lebih modern. Kios ini melayani mulai dari cetak dan Photo Copy digital, desain grafis. “Intinya semua jenis pekerjaan terkait Photo Copy dan percetakan kami terima,” ujar Yudi pemilik kios Photo Copy Balqi.

Untuk tarif ditentukan dari jumlah pesanan. Bila pesan satu-dua lembar, misalnya, dikenakan Rp 10.000. Tapi kalau pesan 51-200 lembar hanya Rp 6.000 per lembar. Menurut Yudi, pasar digital printing jauh lebih besar ketimbang Photo Copy dan cetak biasa. Selain cetak dokumen, ia juga melayani pencetakan gambar di atas mugh atau kaos.

Selain itu, cetak digital pun bisa selesai dalam waktu relatif lebih cepat. “Kalau pesanannya masih ratusan, masuk pagi siangnya bisa diambil siang,” tukasnya.
Konsumen Balqi dalam sebulan bisa mencapai 100 orang, dengan omzet Rp 25 hingga Rp 30 juta.

TEKS : AMINUDDIN
EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster