Baku Tembak berlangsung 20 Menit

 551 total views,  2 views today

Barang Bukti Senjata Api yang disita petugas

Barang Bukti Senjata Api yang disita Polisi

-Dua Anggota Nyaris Tewas-
-Tiga Tersangka Tewas di Tembak-

INDERALAYA | KS-Baku tembak bak film laga ada antara petugas Polres Ogan Ilir dengan enam perampok berlangsung di Desa Betung, Kecamatan Lubuk Keliat Kabupaten OI, Senin (25/11), sekitar pukul 03.30 WIB.

Rentetan senjata baik yang dimuntahkan petugas maupun kawanan perampok berlangsung hampir sekitar 20 menit. Dua petugas unit reskrim Polres OI pun nyaris tewas diterjang peluru.

Dalam aksi baku tembak tersebut, tiga dari enam perampok tewas diterjang timah panas petugas. Tiga pelaku berhasil kabur satu diantarannya dipastikan terkena tembakan.
Ketiga perampok yang tewas dan dikenal sadis ini yakni Nawi (40) Warga Desa Ketapan Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten OI, Zainal Abidin (43) Warga Desa Payalingkung Kecamatan Lubuk keliat Kabupaten OI dan Heri (35), Warga Desa Ketapang Kecamatan Rantau Panjang, Ogan Ilir.

Selain menembak mati tiga perampok, petugas menyita tiga pucuk senjata api rakitan, 9 butir peluru tajam, jimat (Kebal Bepuru –red), satu bilah badik dan dua unit sepeda motor.

Informasi yang dihimpun Kabar Sumatera, penyergapan terhadap para bermula dari informasi yang diperoleh rekannya Zalid yang terlebih dahulu dilumpuhkan petugas. Dari nyanyian Zalid inilah, petugas berhasil mengidentifikasi lokasi keberadaan para tersangka.

Berbekal informasi tersebut, petugas yang dipimpin langsung Kapolres OI, AKBP Asep Jajat Sudrajat, Kasatres AKP Suhardiman dan Kanit Pidum Iptu Herli Setiawan melakukan pengintaian selam tiga hari.

Sekitar pukul 03.00 WIB, petugas petugas melihat empat orang dengan dua kendaraan sedang melintas di kawasan Betung yang cukup di kenal rawan. Saat petugas sedang memberhentikannya, pelaku bukannya berhenti malah menembak petugas.

Petugas langsung membalas tembakan tersebut. Satu pelaku yakni Nawi pertama yang berhasil dilumpuhkan dan tewas. Petugas terus mengejar pelaku lainnya, dalam waktu dua jam tersangka Zainal Abidin alias Enal dan Heri terus diburu di hutan karet oleh Briptu Sukur, Briptu Ettah dan Briptu Beni.

Tiba di Danau Desa Embacang Kecamatan Lubuk Keliat, tersangka Heri terdesak sambil menembak ke arah petugas Briptu Ettah dan Briptu Beni dan nyaris mengenai kedua anggota tersebut.

Lagi-lagi terjadi baku tembak terhadap keduanya. Heri yang diduga mempunyai ilmu kebal tidak tertembus peluru saat di tembak. Petugas terus menrus menembak tersangka dan dibalas juga dengan tembakan.

Lantaran terdesak, Heri tenggelam di danau tersebut dengan kondisi luka tembak, dan akhirnya petugas berhasil menemukan dalam kondisi sudah tewas.

Begitu juga pada buruan tersangka Enal yang dikejar oleh Brigpol Ferry dan Bripka Iskandar, di kawasan kebun karet di dekat danau tersebut. Pelaku melepaskan tembaka ke arah petugas, namun petugas lebih cekatan sehingga berhasil dilumpuhkan. Namun dalam perjalanan tersangka Enal akhirnya menghembuskan napasnya.

Dari catatan kepolisian, ada enam laporan (LP), yakni korban Hifni , bos Karet ini sudah dua kali anak buahnya yakni Akmaludin dan Safei dirampok, yang pertama harus kehilangan Rp 150 juta dan yang kedua kalinya Rp 40 juta.

Beberapa LP lainya yakni LP /B-136//III/2013/Sumsel/Res OI Tanggal 28 Maret 2013 dengan korban Sutono, LP/B-255/VI/2013/Sumsel/Res OI tanggal 03 Juni 2013 dengan korban Ir Atiatus Sofyan dan LP /B-400/XI/2012/DSumsel/Res OI tangggal 12 Nopember 2012 dengan korban H Din.

Kapolres OI, AKBP Asep Jajat Sudrajat didampingi Kasatres AKP Suhardiman, Kanit Pidum Iptu Herli Setiawan mengatakan, pihaknya masih memburu para pelaku yang sudah teridentifikasi.

“Ada beberapa pelaku lagi yang masih kita buru. Semuanya sudah teridentifikasi. Pengungkapan kasus ini merupakan hasil pengembangan terhadap tersangka Jalid yang sebelumnya berhasil kita tangkap beberapa waktu lalu,’’ singkat Kapolres.

Teks : Junaedi Abdillah
Editor : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster