Tangan Jahil “Hiasi” Komplek Candi Bumi Ayu

 223 total views,  2 views today

Ardani salah satu warga menunjukkan hasil karya 'tangan jahil' di situs Candi Bumi Ayu

Ardani salah satu warga menunjukkan hasil karya ‘tangan jahil’ di situs Candi Bumi Ayu

PALI | KS – Candi Bumi Ayu yang terletak di Desa Bumi Ayu Kecamatan Tanah Abang adalah salah satu aset wisata penting di Kabupaten PALI. Candi ini diyakini sebagai salah satu peninggalan dari jaman kerajaan sriwijaya.

Meski candi ini bersih dan terawat, namun bukan berarti terbebas dari ulah tangan jahil. Seperti yang terlihat di salah satu bangunan berbentuk pendopo yang ada di dalam komplek dimana tiang pendopo dipenuhi oleh coretan spidol.

“Kesadaran masyarakat kita masih rendah. Padahal candi ini aset budaya paling berharga,” keluh Ardani salah satu tokoh masyarakat Tanah Abang.

Ardani menduga, coretan yang ada di candi tersebut merupakan ulah anak-anak remaja yang datang berkunjung. “Kalau melihat tulisannya, ini bikinan anak-anak remaja,” tambahnya.

Komplek Candi Bumi Ayu ini kebanyakan didatangi oleh para remaja. Saat sore hari atau hari libur, biasanya para remaja datang secara berkelompok. Mereka menggunakan suasana asri dan bersih di komplek ini sebagai tempat untuk berfoto bersama.

Adnan, salah satu petugas kebersihan candi mengakui kurangnya kesadaran pengunjung dalam menjaga aset wisata andalan Kabupaten PALI. Tidak jarang pengunjung membuang sampah sembarangan.

“Kesadarannya masih rendah. Kalau tidak dibersihkan tiap hari, sampah banyak berserakan. Kita sudah sediakan tempat sampah, tapi tetap saja harus kita pungut setiap hari,” ujarnya.

Saat ditanya soal coretan yang menghiasi tiang-tiang pendopo itu, Adnan mengaku tidak tahu. “Lokasinya luas, tidak mungkin kita awasi terus,” ungkapnya.

Teks/Foto : Indra Setia Haris
Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster