Guru Harus Menjadi Tauladan

 254 total views,  2 views today

Ilst. Guru

Ilst. Guru

PALEMBANG | KS-“Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru, Nama mu akan selalu hidup dalam sanubari ku, Semua bakti mu akan ku ukir di dalam hati ku, sebagai prasasti terima kasih ku, tuk pengabdianmu….,”

Petikan lirik lagu karya Sartono di Era1980-an yang berjudul “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa“ ini, kerap dinyanyikan oleh murid, pelajar, dan siswa di sekolah, saat upacara bendera setiap hari senin. Hymne yang sarat dengan unsur filosofis itu, menceritakan perjuangan guru dan jasa-jasanya dalam dunia pendidikan.

Afriantoni,M.Pd.I. Praktisi Pendidikan di Palembang, mengatakan Hymne Guru mampu menggugah perasaan, dengan menghayati setiap lirik dan syairnya, karena lagu tersebut menggambarkan betapa besar dan berjasanya perjuangan seorang guru.

Kandidat Doktor ini juga menyebut, seorang guru harus mengajar dan mendidik dengan hati. “Alangkah indahnya, kalau guru mengajar dan mendidik dengan hati, guru mesti menjadi tauladan, karena ia merupakan panutan bagi peserta didik,” urai pria yang juga dosen di IAIN Raden Fatah.

Hal senada juga diungkapkan Alpiyanto, salah satu tranier dan penulis buku pendidikan, guru secara umum adalah orang yang mengajarkan suatu ilmu. “Dalam pengertian sesungguhnya adalah orang yang membimbing dan menuntun kita untuk mengenali diri, mengenal Allah, mengenal sesama, serta mengenalkan kita pada kehidupan,” terangnya.

TEKS : RIDIANSYAH
EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster