Tersedia 3000 Lowongan Kerja

 1,085 total views,  2 views today

Ilst. Job Hunter

Ilst. Job Hunter


PALEMBANG, KS-Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Palembang, kembali akan menggelar job fair (bursa kerja). Bursa kerja ini, akan di gelar pada 26-28 November mendatang di Gedung Wanita, Rajawali, Palembang.

Dalam bursa kerja tersebut menurut Kepala Disnaker Kota Palembang, Gunawan, ada 3000 lowongan kerja yang tersedia. “3000 lowongan kerja ini, disediakan oleh perusahaan-perusahaan yang mengikuti bursa kerja tersebut,” kata Gunawa yang dibincangi di ruang kerjanya, Jumat (22/11).

Ia menjelaskan, perusahaan-perusahaan yang menjadi peserta dalam bursa kerja tersebut, beragam jenis usahanya. Mulai dari perkebunan, perbankan, produk minuman, makanan menjadi dan lainnya. Totalnya kata Gunawan, ada 60 perusahaan.

Ia berharap dari bursa kerja tersebut, akan banyak pencari kerja di Palembang yang terserap. Di kota empek-empek ini jelas Gunawan, tercatat ada 13.000 orang pencari kerja. Umumnya, mereka adalah lulusan sekolah menengah atas (SMA).

Ia menambahkan, pengunjung maupun perusahaan yang menjadi peserta dalam job fair tersebut, tidak dipungut biaya sama sekali. “Nantinya Disnaker, akan membuka posko pengaduan disana. Posko itu, untuk menampung keluhan-keluhan pekerja yang dialami setiap harinya,” ujarnya.

Menurut Gunawan, dari laporan yang diterima Disnaker, rata-rata karyawan yang melapor ke Disnaker mengenai persoalan perselisihan mereka dengan manajemen perusahaan, yang tidak sesuai dengan Undang-undang (UU) Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. “Setiap pengaduan yang masuk, akan langsung dibahas untuk ditindaklanjuti guna mencari jalan keluar, mengatasi masalah tersebut. Jadi silahkan melapor,”himbaunya.

Sementara itu, salah seorang pencari kerja, Ari (25), yang dibincangi Kabar Sumatera saat melihat-lihat pengumuman lowongan kerja yang terpasang di papan pengumuman di Kantor Pos Merdeka, Palembang mengaku sangat antusias mengetahui bakal digelarnya bursa kerja.

Menurutnya, ia selama ini kesulitan untuk mencari pekerjaan. Dengan bursa kerja, ia berharap bisa bekerja. “Bursa kerja itu, sangat positif. Karena kita bisa langsung, mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginan kita. Selain itu, biasanya di bursa kerja setelah mengisi formulir, kita akan langsung di interview oleh pihak perusahaan,” ungkapnya.

Ia berharap kegiatan-kegiatan serupa, semakin rutin digelar pemerintah maupun pihak lainnya. Karena dengan cara begitu, ia yakin jumlah pengangguran di Kota Palembang akan semakin berkurang.

Teks : Alam Trie Putra
Editor : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster