Baru Dua Parpol Serahkan Rekening Kampanye

 273 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

PAGARALAM , KS-Pelaksanaan pemilihan umum legislatif (pileg) 2014, tinggal menghitung bulan saja. Namun sampai saat ini, baru dua partai politik (parpol) peserta pemilu di Pagaralam, yang sudah menyerahkan rekening khusus kampanye.

Padahal sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 17 tahun 2013, rekening khusus kampanye ini wajib diserahkan oleh parpol. “Sampai saat ini, baru dua parpol yang sudah serahkan rekening khusus kampanye tersebut. Kedua parpol itu, yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demorasi Indonesia Perjuangan (PDIP),” kata komisioner KPU Pagaralam Divisi Teknis, Yenli Elmanoferi ketika dibincangi, Jumat (22/11) di ruang kerjanya.

Sementara untuk parpol yang belum, KPU sebutnya meminta agar rekening khusus kampanye itu dilaporkan sebelum akhir tahun ini. “Sesuai PKPU Nomor 17 tahun 2013 tentang Pedoman Pengaturan Pelaporan Dana Kampanye Peserta Pemilu, parpol wajib menyampaikan rekening kampanyenya. Laporan itu, sangat mendesak mengingat akhir tahun ini tahapan kampanye sudah dimulai,” ujarnya.

Ia menjelaskan, jika rekening kampanye itu tidak dilaporkan oleh parpol maka sesuai dengan ketentuan PKPU tersebut, parpol yang bersangkutan bisa dikenakanan sanksi. Namun apa sanksinya, Yenli, tak mau menyebut.

Yenli mengatakan, dalam penyusunan laporan rekening kampanye tersebut, ada poin-poin penting yang perlu diperhatikan oleh parpol. Yakni sumber dana kampanye, bentuk dan besaran dana, serta pembukuan dana kampanye. “Rekening kampanye ini, harus dipisahkan dari rekening parpol. Parpol wajib mencatatkan seluruh kegiatan keuangan, sejak parpol itu ditetapkan sebagai peserta pemilu,” bebernya.

Ia menambahkan, dalam aturannya untuk dana kampanye berbentuk uang, barang, dan jasa, besaran sumbangan dana, dari perseorangan maksimal Rp1 miliar. Sementara jumlah tertinggi sumbangan dari kelompok, perusahaan, badan usaha non pemerintah sebesar Rp7,5 miliar. “Bila dalam pelaksanaannya ada, kelebihan maka nantinya akan diambil negara dan dimasukkan dalam kas daerah,” sebutnya.

Teks : Antoni Stefen
Editor : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster