Rekrutmen TKS Jadi Kewenangan SKPD

 344 total views,  2 views today

Beberapa TKS di salah satu ruang kerja di Perkantoran Pemkab PALI di KM 10.

Beberapa TKS di salah satu ruang kerja di Perkantoran Pemkab PALI di KM 10.

PALI | KS – Minat warga Kabupaten PALI yang ingin menjadi Tenaga Kerja Sukarela (TKS), di Pemkab PALI ternyata cukup tinggi. Meskipun tidak ada jaminan jadi PNS dan nyaris tidak mendapatkan gaji, minat warga tidak pernah surut.

Hampir setiap hari, Kabar Sumatera menjumpai warga yang mendatangi perkantoran Pemkab PALI di KM 10 berniat melamar jadi TKS. “Mau coba masukkan lamaran kak. Siapo tahu dipanggil. Tapi kata bapak tadi, saat ini belum ada penerimaan. Nanti tahun 2014 baru ada,” kata Rita, warga Talang Ubi, yang mengaku masih bekerja di salah satu toko ATK.

Namun saat Kabar Sumatera yang mencoba mengkonfirmasi Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Yuhairudin MZ, mendapat penjelasan berbeda.

Menurut Yuhok, panggilan akrabnya, Pemkab PALI pada dasarnya tidak membuat penerimaan resmi termasuk untuk 2014 nanti. Hanya saja pada tahun 2014 itu, masalah TKS akan menjadi kewenangan masing-masing SKPD.

“Yang tahu kebutuhannya SKPD yang bersangkutan. Makanya mulai tahun depan, pembayaran honor TKS itu akan masuk anggaran SKPD yang bersangkutan,” jelas Yuhok kepada Kabar Sumatera di ruang kerjanya.

Yuhok mengakui, untuk tahun 2013 ini pembayaran honor seluruh TKS dilakukan oleh BKD termasuk usulan pengangkatannya. “Dulu SKPD nya belum lengkap. Makanya untuk pembayaran honor dipusatkan di BKD” jelasnya.

Terkait proses pengangkatan TKS, Yuhairudin menjelaskan semuanya tergantung SKPD yang akan menggunakan jasa TKS tersebut. “Kami hanya membantu meng-SK-kan saja. Yang mengusulkan tetap SKPD,” tegas Yuhairudin.

Menurutnya, SK pengangkatan seluruh TKS dilakukan langsung oleh Penjabat Bupati PALI, bukan dari kepala dinas atau badan terkait. “Bupati ingin mengontrol langsung pengangkatan TKS. Kalau kepala dinas yang mengangkat, takutnya tidak terkontrol. Ini berkaitan dengan anggaran dan kebutuhan TKS itu sendiri,” jelasnya.

Yuhairudin juga menegaskan, untuk penerimaan TKS ini tidak dipungut biaya apapun. “Tidak ada biaya dan pungutan. TKS itu tugasnya membantu pelaksanaan kegiatan Pemkab. Tidak ada pungutan uang,” pungkasnya.

Teks/Foto : Indra Setia Haris
Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster