Semarak Truk Batubara di Jalinsum

 244 total views,  2 views today

Truk Batubara

Truk Batubara


MUARAENIM-KS-Anggota DPRD Kabupaten Muaraenim, Darmadi Suhaimi dengan lantang meminta kepada Gubernur Sumatera Selatan Ir H Alex Noerdin untuk menindak tegas truk batubara yang melintas di jalan lintas sumatera (Jalinsum) Muaraenim – Prabumulih. Bersebab kini truk angkutan batubara makin ramai yang melintas.

Pernyataan itu disampaikan Darmadi saat Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Muaraenim memperingati HUT Kabupaten Muaraenim ke-67, bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Muaraenim, Rabu (20/11) kemarin.

“Saya mewakili warga Kabupaten Muaraenim meminta kepada Pak Gubernur untuk menindak tegas truk batubara yang melintas di jalinsum. Karena semakin meresahkan masyarakat. Para perusahaan batubara ini, jelas telah mengabaikan Perda Provinsi Sumsel Nomoro 5 tahun 2011 tentang larangan truk batubara melintas di jalinsum,” tutur Darmadi.

Ramainya truk batubara yang melintas, lanjut Darmadi, semakin membuat masyarakat resah. Bukannya hanya menghirup debu batubara, namun juga membuat nyawa para pengendara semakin terancam keselamatannya. Bahkan, baru-baru ini seorang pasien rumah sakit yang hendak dirujuk ke Palembang meninggal dunia, lantaran terlambat penanganan karena terhambat oleh konvoi truk batubara.

“Kita menduga ada oknum yang begitu kuat dan berkuasa dibelakang perusahaan-perusahaan batubara ini, karena Perda dan surat edaran gubernur saja berani mereka langgar dan acuhkan. Oleh karena itu, kita minta ketegasan pak Gubernur untuk menindak perusahaan tersebut,” Darmadi berkata.

Menanggapi pernyataan ini, Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin mengatakan, larangan bagi truk batubara melintas di jalinsum bukan hanya dari Perda Provinsi Sumsel dan surat edaran saja, tapi juga telah ada undang-undangnya. Oleh karena itu, pihaknya sangat serius dalam penanganan masalah ini.

“Sekarang ini, telah dibuatkan dua jalan khusus bagi truk batubara. Satu sudah selesai, satu lagi jalan yang dibuat PT. Servo masih dalam tahap pengerjaan. Angkutan batubara melalui kereta api harus segera diwujudkan. Saya bersama pihak berwajib akan segera menyelasaikan masalah ini. Saya minta kesabaran masyarakat untuk penyelesaian masalah ini. Terkait adanya oknum dibelakangnya, kita tidak perlu tahu. Namun, yang terpenting permasalahan ini dapat segera terselesaikan,” ucap Alex Noerdin.

TEKS: SISWANTO
EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster