PKK Jangan Sampai Dinilai Negatif

 255 total views,  2 views today

pelantikan Pengurus PKK Kecamatan Talang Ubi di Halaman Kantor Camat Talang Ubi, Selasa (19/11),

pelantikan Pengurus PKK Kecamatan Talang Ubi di Halaman Kantor Camat Talang Ubi, Selasa (19/11),

PALI | KS – Sebagai Informasi sekaligus agen pembangunan, seharusnya pengurus PKK memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang peranan PKK, sehingga kesan negatif tentang PKK dapat dihapuskan.

Demikian diungkapkan Ketua Tim Pembina PKK Kabupaten PALI sekaligus Penjabat Bupati PALI, Ir H Heri Amalindo MM saat memberikan sambutan dalam pelantikan Pengurus PKK Kecamatan Talang Ubi di Halaman Kantor Camat Talang Ubi, Selasa (19/11), kemarin.

“Jangan sampai masyarakat menilai PKK hanya jadi ajang kumpul-kumpul atau arisan semata. PKK harus jadi agen perubahan melalui program kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat,” kata Heri.

Sebab, sambung Heri, keberadaan PKK saat ini sangat penting dalam membantu program pembangunan, terutama dibidang kewanitaan dan keluarga. Apalagi dijaman otonomi daerah seperti saat ini.

Menurutnya, otonomi daerah yang bertujuan untuk mempercepat pembangunan melalui pelayanan kepada masyarakat akan efektif bila didukung komponen masyarakat yang ada, salah satunya adalah PKK. Sebagai organiasi perempuan terbesar di Indonesia kiprah PKK sangat dibutuhkan melalui ekselerasi dukungan terhadap pembangunan masyarakat.

“Sebagai agen pembangunan, salah satunya adalah dengan meningkatkan kinerja pengurus melalui peningkatan kemampuan pengurus dan anggota, seperti pelatihan. Jadi tidak semata arisan,” tutur Heri.

Sementara itu, Camat Talang Ubi, Drs Darmawi MSi, menyampaikan, peran PKK bukan sekedar pelengkap semata. Keberadaan PKK merupakan amanat Undang-undang, salah satunya undang-undang pemerintahan desa yang telah beberapa kali mengalami perubahan.

“PKK harus berperan aktif, jangan cuma pelengkap. Terbukti dalam undang-undang, ketua PKK tidak mesti istri kepala desa. Siapa saja bisa ditunjuk untuk menjadi ketua PKK. Ini artinya PKK bukan hanya sebagai pelengkap,” kata Darmawi yang juga Plt Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten PALI itu.

Darmawi berharap, cita-cita bupati PALI yang menginginkan PALI sejajar dengan kabupaten/kota lainya dalam waktu lima tahun dapat terwujud dengan adanya peran serta PKK disitu. “Bapak bupati berkeinginan PALI sejajar dengan kabupaten lain, PKK seharusnya dapat mengambil peranan. Jangan sampai tertinggal,” jelasnya.

Sebelumnya, Ir Hj Sri Kustina sebagai Ketua Pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten PALI melantik Pengurus TP PKK Kecamatan Talang Ubi. Pengurus yang dilantik itu antara lain, Nur Iflah sebagai Ketua, Asna Aryani (sekretaris) dan Meli Hartati SH sebagai Sekretaris.

Teks/Foto : Indra Setia Haris
Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster