Masyarakat Enggan Membayar

 202 total views,  2 views today

Ilst. Retribusi

Ilst. Retribusi


PALEMBANG, KS-Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, melalui Dinas Kebersihan Kota (DKK) menghimbau kepada ketua rukun tetangga (RT), kelurahan dan kecamatan, agar terus mengingatkan masyarakatnya untuk membayar retribusi sampah.

Hal ini mengingat, retribusi sampah selama ini tidak pernah mencapai target. “Berbagai macam alasan masyarakat untuk tidak membayar retribusi sampah, sehingga untuk capai target sangat susah,” keluh Sekretaris DKK Palembang, Mahbuk, Rabu (20/11).

Menurut Mahbuk, tidak pernahnya tercapainya target retribusi sampah ini, karena tingkat kesadaran warga untuk membayar retribusi sampah sangat rendah. “Ketika petugas DKK datang ke rumah-rumah warga, mereka beralasan sudah bayar retribusi sampah pada pihak kebersihan lain,”ucapnya.

Mahbuk menyebutkan, target retribusi sampah di tahun 2013 sebesar Rp4 miliar. Sedangkan pencapaiannya baru sekitar 75 persen. “Padahal retribusi yang dikenakan pada warga, tidaklah besar yakni Rp1.000-5.000 per bulannya, tergantung jenisnya ekonomi masyarakat,”jelasnya.

Menurutnya, untuk pencapaian target tersebut, DKK sudah bekerja semaksimal mungkin. Namun dari retribusi sampah itu, targetnya tidak pernah tercapai. “Tinggal 25 persen lagi target yang harus di capai, mudah-mudahan sisa waktu dua bulan ini bisa capai target,”harapnya.

Mahbuk menghimbau kepada RT, lurah, camat untuk terus berkordinasi, dengan mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadaran, agar membayar terhadap retibusi sampah serta mengelola sampah dengan baik. “Lurah dan RT, tidak hanya memberikan sosialisasi saja, tapi juga harus mengajak warganya untuk menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan,”tukasnya.

Teks : Alam Trie Putra
Editor : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster