KPU Sumsel Didesak Lanjutkan Seleksi

 188 total views,  2 views today

kpu

PALEMBANG, KS-Puluhan massa yang menamakan dirinya FOR-MP3, mendesak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel), untuk tetap melanjutkan proses tahapan seleksi calon komisioner KPU di 15 kabupaten dan kota di Sumsel.

Desakan ini disampaikan mereka, saat melakukan aksi di Kantor KPU Sumsel, Jalan Gubernur HA Bastari, Jakabaring, Rabu (20/11). Dalam aksinya tersebut, mereka menilai KPU Sumsel harusnya lebih memprioritaskan penyelesaian daftar pemilih tetap (DPT), yang saat ini masih bermasalah.

“Dibandingkan KPU Sumsel, mengurusi proses seleksi calon komisioner KPU di kabupaten dan kota, harusnya KPU lebih memprioritaskan menuntaskan persoalan DPT Sumsel untuk pemilihan umum legislatif (pileg) mendatang,” kata koordinator aksi (korak), Nakula Boro.

Ia meminta KPU Sumsel, berpedoman pada peraturan mengenai seleksi calon komisioner KPU di kabupaten dan kota tersebut. Menurutnya, proses seleksi harusnya tetap dilanjutkan bukannya di evaluasi ulang. Jika itu dilakukan maka sebutnya, tahapan pemilu bakal terhambat.

“Kami juga menghimbau masyarakat, untuk menghormati dan mendukung apapun keputusan dan kebijakan yang diambil KPU Sumsel, dalam menyikapi permasalahan seleksi komisioner KPU tersebut, demi terwujudnya demokrasi yang utuh di Bumi Sriwijaya,” ujarnya.
Evaluasi Ulang

Semetara itu, Ketua KPU Sumsel, Aspahani yang dibincangi di DPRD Sumsel memastikan, akan mengevaluasi 10 besar hasil seleksi calon komisioner KPU di kabupaten dan kota di Sumsel.

Ia mengaku, KPU telah menerima sejumlah pengaduan terkait proses seleksi tersebut. Bahkan, KPU Pusat sambungnya, telah pula menginstruksikan KPU Sumsel, untuk melakukan investigasi di beberapa kabupaten/kota.

“Kami ingin melihat secara keseluruhan, proses seleksi yang telah dilakukan di seluruh kabupaten dan kota. Hasilnya, kita akan evaluasi 10 besar ini, apakah memang layak atau tidak, juga bermasalah atau tidak bermasalah,” sebutnya.

Lebih lanjut, Aspahani menerangkan, jika ternyata ditemui satu atau dua nama, diantara 10 besar yang telah ditetapkan itu ternyata bermasalah, maka akan digantikan dari nama-nama 20 besar calon komisioner KPU kabupaten dan ota yang bersangkutan sebelumnya.
Pelaksanaan evaluasi ini, masih menurut Aspahani, diharapkan selesai hingga, deadline awal pelaksanaan fit and proper test (uji kepatutan dan kelayakan) lima besar, calon komisioner KPUD kabupaten dan kota di Sumsel ini bisa dimulai pada 6 Desember mendatang.

Teks : Dicky Wahyudi
Editor : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster