“Keep Smile LDK” Bentuk Generasi Robbani

 442 total views,  2 views today

Salah satu Aksi Protes LDK REFAH Menyikapi Serangan Israel atas Palestina yang berpendudukan Muslim.

Salah satu Aksi Protes LDK REFAH Menyikapi Serangan Israel atas Palestina yang berpendudukan Muslim.

PALEMBANG, KS-Mengawal nilai-nilai dalam pada diri setiap generasi menjadi bagian tanggungjawab kaum muda. Sebab di tangan orang muda inilah, moral spiritual yang menjadi dasar seorang khalifah di bumi diharapkan dapat tetap terjaga, di tengah kompleksitas masalah yang menyertainya. Demikian dikatakan M Afrizal Fajri, Ketua Pelaksana MILAD XI Lembaga Dakwah Kampus (LDK) REFAH, kepada Kabar Sumatera (20/11), menjelaskan latar belakang digelarnya acara tersebut.

Lebih lanjut, Afrizal mengatakan dengan mengusung tema : “Keep Smile (Kiprah 11 Tahun Semarak Milad LDK REFAH” sekumpulan kaum muda di kampus IAIN Raden Fatah Palembang ini sedang ingin menjadi komunitas gerakan dakwah kultural. Afrizal mengatakan, salah satu upaya untuk menjunjung tinggi nilai-nilai religiusitas, terutama bagi kalangan mahasiswa dan di masyarakat pada umumnya. “Sebagai kelompok muda Islam, bukan hanya sekedar mengerti dan paham tentang ajaran agama Islam, tetapi lebih dari itu harus diwujudkan dalam aksi nyata melalui gerakan dakwah. Salah satunya melalui kegiatan yang dilaksanakan hari ini,” ujarnya.

Kesadaran dari Unit Kegiatan Mahasiswa Khusus (UKMK) LDK Raden Fatah menggelar acara ini, didasari oleh cita-cita luhur yang bermula dari ayat Al-quran yang artinya: ”Kamu adalah umat yang terbaik, dilahirkan untuk manusia guna menyeru kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar dan beriman kepada Allah.”

Bertolak dari ayat diatas, Afrizal menegaskan, LDK sebagai salah satu lembaga yang konsen pada gerakan dakwah, bukan hanya sekadar menjalani rutinitas akademik semata, melainkan ikut bertanggungjawab terhadap perbaikan karakter anak bangsa melalui dakwah kultural, sebagaimana acara yang digelar.

Lebih lanjut, Afrizal mengatakan, acara ini dirangkai dengan sejumlah kegiatan yang bernafaskan islam. Diantaranya Seminar Motivasi, Muhasabah Akbar, Seminar Kemusliman, Bazar Buku Islami, Konser Amal, Tabligh Akbar, bersih-bersih kampus dan beberapa lomba sepetti lomba Da’i/Da’iyah dan seni musik nasyid.

Menjelaskan tentang target dari acara ini, Afrizal mengatakan, melalui gelar lomba Da’i/Da’iyah untuk mencari kader-kader pemuda Islam yang potensial dalam bidang dakwah. “Bahkan kita bukan hanya da’i, tetapi juga menggali potensi para seniman kampus sehingga musik yang bernafaskan Islam dapat menyejajarkan diri dengan musik lainnya di negeri ini,” ujarnya.

Menurut Afrizal, acara yang akan berlangsung tanggal 21-23 ini diharapkan dapat memberi motivasi generasi Islam, terutama di Palembang. Selain itu, menurutnya, kegiatan ini ditujukan untuk mengembangkan potensi generasi muda Islam dan menambah wawasan, dengan tetap menjaga nilai-nilai agama. “Dengan begitu, Insya Allah generasi kita akan tetap menjadi pribadi yang tetap teguh terhadap agama, dan berwawasan global, serta peka teradap realitas sosial yang ada di sekitar kampus dan di masyaraat pada umumnya,” tegasnya.

TEKS : AHMAD MAULANA
EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster