Kantor Gubernur Diusulkan Jadi Museum

 278 total views,  2 views today

Kantor Gubernur Sumatera Selatan

Kantor Gubernur Sumatera Selatan

PALEMBANG, KS-Kantor Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), yang saat ini berada di Jalan Kapten A Rivai, rencananya akan dipindahkan di kawasan Jakabaring. Rencana itu diungkapkan Kepala Biro Umum dan Perlengkapan Pemprov Sumsel, Robby Kurniawan.

DPRD Sumsel, menyetujui rencana itu. Namun dewan meminta, jika rencana itu benar-benar direalisasikan maka kantor gubernur saat ini, jangan di build of transfer (BOT) kepada investor, karena bangunan tersebut banyak nilai sejarahnya.

“Namun sampai saat ini, belum ada usulan resmi yang disampaikan ke kita terkait rencana itu. Namun sebaiknya, rencana itu dipikirkan ulang. Sebab gedung itu, punya sejarah panjang untuk Sumsel,” kata Ketua Komisi I DPRD Sumsel, Yuswar Hidayatullah ketika dibincangi, Rabu (20/11).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menyebut, kalau memang rencana itu di realisasikan, ia berharap status gedung tersebut tidak dipindahtangankan. Maksudnya, kantor itu tetap dikelola oleh pemprov namun untuk peruntukan yang lain.

“Jangan sampai, justru di BOT kan. Lebih baik jika memang kantor gubernur, ingin dipindahkan maka kantor saat ini dimanfaatkan untuk dijadikan museum,” saran Yuswar.

Yuswar juga mengingatkan, gubernur untuk berkoordinasi ke DPRD Sumsel jika ingin memindahkan pusat pemerintahan di Bumi Sriwijaya tersebut.

“Kita sudah memiliki peraturan daerah (perda), terkait perjanjian daerah yang sudah berlaku 2012. Dalam Perda itu, pemanfaatan aset yang didalamnya ada perjanjian, maka harus melalui mekanisme persetujuan DPRD Sumsel, karena pemanfaatan aset,”tegasnya.

Bagaimana dengan gedung DPRD Sumsel, bukankah juga direncanakan akan dipindahkan ke Jakabaring ?, Yuswar menegaskan, untuk gedung DPRD Sumsel akan tetap dipertahankan.
“Anggota DPRD Sumsel periode saat ini, sepakat untuk mempertahkankan keberadaan gedung DPRD Sumsel. Kita tidak menginginkan, untuk dipindahkan ke Jakabaring,” ujarnya.

Sebagai informasi, sebelumnya Kepala Biro Umum dan Perlengkapan Pemprov Sumsel, Robby Kurniawan mengatakan, Kantor Gubernur Sumsel yang ada saat ini sudah berusia 40 tahun lebih.

Dengan umurnya yang sudah setua itu, wajar kalau ada pemikiran akan dipindahkan. “Memang rencana pindah itu ada, karena kawasan ini memang kawasan bisnis. Sedangkan kawasan pemerintahan, ada di Jakabaring,” kata Robby.

Ia menambahkan, rencana pindah ke Jakabaring itu semua merupakan kebijakan gubernur. “Kalau desainnya sedang dibahas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Cipta Karya (CK),” ungkap Robby.

Menurutnya, rencana pembangunan kantor baru nanti, bisa melalui mekanisme BOT. Robby menyebutkan, sudah banyak investor yang bersedia tetapi belum ditanggapi.

Teks : Dicky Wahyudi
Editor : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster