HIV/AIDS Rentan Menyebar di Muba

 247 total views,  2 views today

Ilst.

Ilst.


SEKAYU, KS-Bupati Musi Banyuasin (Muba), yang juga Ketua Komisi Penanggulangan HIV/AIDS (KPA) Muba, H Pahri Azhari, kemarin melantik 26 anggota dan pengurus KPA Muba periode 2013-2017, di Pendopo Griya Bumi Serasan Sekate, Sekayu.

Pelantikan anggota dan pengurus KPA Muba ini, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Muba Nomor 1166 /2012 tentang Pembentukan KPA Muba yang ditetapkan pada 23 Oktober 2012 lalu.

Dalam kepengurusan tersebut, sejumlah pejabat dilingkungan Pemkab Muba masuk dalam struktur kepengrusan KPA Muba. Misalnya, Wakil Bupati Muba, Beni Hernedi sebagai Ketua Harian, Wakil Ketua I dijabat Sekretaris Daerah Muba, Drs H Sohan Majid MM, dan Wakil Ketua II dijabat Kepala Dinas Kesehatan Muba, dr Hj Sriwijayani MKes.
“Pembentukan KPA ini, sangat penting dalam menanggulangani dan mencegah penyebaran HIV/AIDS di Muba. Penyebaran virus dan penyakit itu, rentan terjadi di Muba. Karena Muba merupakan daerah transisit,” jelas Pahri.

Karenanya kata Pahri, masyarakat harus dibangun kesadarannya terhadap bahayanya HIV/AIDS. “Sosialisasi bahaya HIV/AIDS ini, harus digencarkan di masyarakat. Sehingga masyarakat tahu, bahayanya HIV/AIDS. Masyarakat juga harus diberi tahu, penyebaran virus tersebut. Selain ini, penanggulangan HIV/AIDS ini juga membutuhkan dukungan masyarakat,” tegas Pahri.

Pemkab Muba sambung Pahri, bekerjsama dengan KPA Sumsel, KPA Ogan Ilir (OI), Gay Waria Laki-laki (GWL) Indonesia daerah Sumsel, Organisasi Penyaluran Seks Indonesia (OPSI) daerah Sumsel, Yayasan Intan Maharani (YIM) dan pihak kepolisian, untuk membantu sosialisasi bahaya HIV/AIDS tersebut ke masyarakat.

“Dengan adanya kerjasama ini, Pemkab Muba mengharapkan adanya strategi penanggulangan, untuk menimimalisir angka penderita HIV/AIDS dan penyebarannya di Kabupaten Muba. Sehingga kedepannya, tidak ada lagi penderita HIV/AIDS,” tukasnya.

Teks : Bagus Santoso
Editor : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster