2014 Ada Mata Uang Baru

 306 total views,  2 views today

Bank Indonesia

Bank Indonesia

PALEMBANG | KS-Bank Indonesia (BI) siap mengeluarkan uang kertas baru dengan nama uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dan, inilah upaya perubahan desain sesuai dengan UU Mata Uang yang berlaku.

“Kita belum tahu sepenuhnya apa saja yang akan ada perubahan desain pada mata uang yang akan di launching 17 Agustus 2013 mendatang,” kata Dadan Sardah, Kepala Tim Sistem Pembayaran Bank Indonesia, Rabu (20/11).

UU Mata Uang yang mengamanatkan pada 17 Agustus 2014 harusnya telah keluar.. Nantinya, uang lama masih berlaku dan seperti biasa ditarik secara bertahap.

Seiring lahirnya UU mata uang, maka nantinya BI tidak menjadi institusi tunggal dalam perencanaan, pencetakan uang. Akan ada campur tangan Menteri Keuangan yang ditunjukkan dengan tandatangan Menteri Keuangan di uang NKRI.

“Semua akan sesuai dengan UU Mata Uang. Ciri, desain dan bahan harus berdasarkan UU Mata Uang. Akan ada tanda tangan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Indonesia,” ungkap Dadan.

Lanjutnya, pengamannya apa tentu hal itu adalah rahasia Bank Indonesia, tidak boleh disebutkan nanti bisa membuat orang bisa memalsukan, uang baru nanti itu tetap dalam bentuk uang kertas bukan plastik

BI menyebut, Indonesia termasuk negara pelopor pembuatan uang dengan bahan plastik, uang berbahan plastik lebih awet dan tahan lama. Dengan dalih perilaku masyarakat Indonesia, Bank Indonesia menghentikan pembuatan uang dengan bahan plastik.

Uang NKRI yang akan hadir tahun depan, masih mempertahankan bahan kertas. Namun, Dadan memastikan dari sisi pengamanan akan lebih baik dari uang sebelumnya. Tujuannya agar tidak mudah dipalsukan.

TEKS : JADID ULUL ALBAB
EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster