Siswa Wajib Baca Al Qur’an Setiap Hari

 166 total views,  2 views today

Julian SPd MM, Kepala Sekolah SMAN 1 Talang Ubi

Julian SPd MM, Kepala Sekolah SMAN 1 Talang Ubi


PALI | KS – Banyak cara yang dilakukan untuk mengenalkan Al Qur’an kepada anak-anak dan remaja. Seperti yang dilakukan oleh SMA Negeri 1 Talang Ubi.

SMA Negeri tertua di Kabupaten PALI ini mewajibkan siswanya untuk membaca Al Qur’an setiap pagi sebelum memulai pelajaran di sekolah. Dengan dibimbing guru yang mengajar, secara bergilir para siswa disekolah itu membaca Al Qur’an.

“Kita ingin mengenalkan Al Qur’an kepada siswa. Makanya sebelum memulai pelajaran, para siswa harus membaca Al Qur’an terlebih dahulu. Targetnya tidak muluk, minimal setahun anak-anak sudah khatam,” kata Julian SPd MM, Kepala Sekolah SMAN 1 Talang Ubi.

Ide ini muncul, jelas Julian, setelah ia mengevaluasi kebiasaan siswa membaca do’a sebelum belajar. Karena waktu yang disediakan untuk berdo’a mencapai 5-10 menit, ia kemudian memutuskan ditambah dengan membaca Al Qur’an.

“Berdoa itu kan paling lama satu sampai dua menit, artinya masih tersisa delapan menit. Nah, delapan menit itulah yang kita maksimalkan,” jelas Julian.

Dengan dibiasakan membaca Al Qur’an di sekolah, Julian berharap, para siswa lebih dekat dan lebih mengenal ayat-ayat suci. “Jangan sampai anak-anak asing dengan Al Qur’an,” ucapnya.

Meskipun tidak ada dalam kurikulum, Julias memastikan kebijakannya ini tidak melanggar ketentuan yang sudah digariskan oleh kurikulum atau peraturan lainnya.

Bahkan, untuk menjamin kegiatan ini berlangsung efektif, pihaknya menyediakan Al Qur’an disetiap kelas.

Teks/Foto : Indra Setia Haris
Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster