PNPM Talang Ubi Salurkan Rp 1,4 Milyar

 271 total views,  2 views today

pnpm
PALI | KS – Unit Pelaksana Kegiatan (UPK) PNPM Kecamatan Talang Ubi berhasil salurkan proyek pembangunan fisik senilai Rp 1,41 Milyar. Proyek ini di salurkan ke tujuh desa di wilayah ini.

Dana yang dikelola masyarakat pedesaan ini dibangun untuk proyek pembangunan jalan setapak yang ada didesa dan kelurahan sebanyak empat kegiatan.

Dua kegiatan di Desa Talang Bulang dan Kelurahan Talang Ubi Selatan dimanfaatkan untuk membangun sarana Taman Pengajian Al Qur’an dan Taman Kanak Kanak. Sedangkan di Kelurahan Pasar Bayangkara dimanfaatkan untuk pembangunan sarana air bersih.

Saat ini ketujuh kegiatan itu masih dalam pelaksanaan. Dan sudah mencapai progres 60 persen. “Kita masih menunggu pencairan berikutnya dari Muara Enim. Bila sudah kita terima, pembangunan 40% sisanya sudah bisa dilanjutkan,” kata Redi Irawan, Ketua UPK Kecamatan Talang Ubi.

Bila pencairan tahap ketiga ini bisa segera direalisasikan, Redi optimis kegiatan yang sekarang dilaksanakan pelaku PNPM di desa-desa tersebut dapat selesai pada bulan Desember nanti.

Peruntukan pembangunan dana PNPM ini sendiri, menurut Redi, bukan ditentukan oleh UPK yang berada di kecamatan. Namun merupakan usulan dari masyarakat pedesaan yang melakukan musyawarah. “Kita hanya menerima usulan yang menentukannya tetap masyarakat,” jelas Redi.

Saat ini, selain menyalurkan bantuan pembangunan fisik, UPK Talang Ubi juga berhasil mengelola dana Simpan Pinjam khusus Perempuan. Dan sampai sekarang, UPK mengelola dana simpan pinjam senilai Rp 1,5 Milyar.

“Alhamdulillah, tingkat pengembalian masyarakat cukup tinggi. Catatan kami, pengembalian pinjaman mencapai angka 94 persen. Sifatnya kan bergulir, Alhamdulillah tingkat pengembalian masyarakat cukup tinggi. Jadi masyarakat yang menikmati dana ini cukup banyak,” tutupnya.

Teks/Foto : Indra Setia Haris
Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster