Imunisasi Gratis di Desa Pedang

 313 total views,  2 views today

Imunisasi | pemeriksaan pasca nifas

Imunisasi | pemeriksaan pasca nifas

MUSIRAWAS KS-Tepat Selasa, 19 November 2013 merupakan hari yang dinanti Ibu-ibu yang memiliki Balita dan Ibu hamil di Desa Pedang Kecamatan Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas. Sebab, di hari itu ada program imunisasi dan periksa ibu hamil secara gratis untuk masyarakat Desa Pedang.  Sedikitnya ada 135 anak balita, lima ibu hamil, dan 15 orang ibu nifas (selesai melahirkan -red) mendapat layanan tersebut.

Bidan Misliati didampingi Bidan  Dwi Astuti menyebutkan, bahwa layanan imunisasi gratis ini diberikan bukan hanya untuk balitam, namun ada juga pelayanan pemeriksaan ibu hamil, pemeriksaan ibu nifas, serta pemantauan pertumbuhan anak.

“Khusus pemeriksaan ibu nifas, kami melihat apakah ada komplikasi pasca melahirkan, apakah ASI yang dikeluarkan untuk sang bayi ada? Serta apakah ada penambahan susu formulanya? Selain itu juga kami periksa jika ada ibu yang akan mengikuti program KB akan terlebih dahulu dperiksa apakah ada pembesaran kelenjar tiroid kalau ada maka alat KB yang digunakan disarankan bukan yang mengandung hormon tetapi bisa berupa spiral,” jelas Bidan Bidan Dwi.

Ia berujar, pada layanan imunisasi ini, masyarakat pun antusias melakukan pemeriksaan balita dan ibu hamil.

Mirhoni, Kepala Desa Pedang Kecamatan Muara Beliti disela-sela kegiatan berkata, pelayanan Posyandu bertempat di rumah Kepala Desa Pedang ini sejak  2009. Pola yang dilakukan yaitu untuk mengkomunikasikan kepada masyarakat adalah melalui masjid, di tempat persedekahan/pernikahan serta secara langsung  door to door kepada masyarakat yang jumlah kepala keluarga lebih dari 2000 KK.

Ia juga menghimbau, agar masyarakat  jangan segan dan takut dalam memeriksakan kehamilan dan imunisasi balita karena program pemerintah ini untuk menunjang kesehatan masyarakat dan bersifat gratis setiap tanggal 19 setiap bulan bertempat di rumah Kades Pedang mulai pukul 08.00 WIB.

Sementara Nyonya Sunarti yang tinggal di Gang Kelapa Dusun III yang membawa anaknya Amelia Fitri yang berusia 1 tahun berujar, imunisasi yang diperoleh anaknya sudah lengkap, sekarang datang untuk menimbang dek ujarnya. Ketika ditanya apakah ada effek negatif dari imunisasi pada anaknya,.

TEKS/FOTO : SUPRIADI

EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster