Dewan Soroti Pembatalan Penyerapan Anggaran

 189 total views,  2 views today

PALI | KS – Batalnya pelaksanaan sejumlah proyek asal APBD-P Kabupaten Muara Enim di Wilayah Kabupaten PALI, akhirnya mendapat sorotan serius dari anggota DPRD Muara Enim.

Wakil rakyat asal daerah pemilihan PALI menganggap pembatalan itu sebagai wujud ketidak-sungguhan pejabat pemkab dalam memanfaatkan peluang untuk pembangunan kabupaten yang baru berdiri ini.

“Sangat kita sayangkan, padahal jumlahnya lumayan besar,” ungkap Kuyung Rizal SS, anggota Komisi I DPRD Muaraenim..

Dalam pemberitaan sebelumnya, sambung Kuyung, Harian Kabar Sumatera mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten PALI mendapatkan alokasi pembangunan dalam bentuk beberapa proyek yang berasal dari APBD-P Muara Enim.

Namun, alokasi ini terpaksa tidak dilaksanakan. Waktu pelaksanaan yang tersisa kurang dari sebulan tidak memungkinkan. “Daripada proyek tersebut tidak selesai dan menimbulkan masalah di kemudian hari, Pemkab pun memutuskan untuk menolak sejumlah proyek dengan total Rp 10,9 Milyar,” tuturnya.

Hal inilah yang dikritisi oleh wakil rakyat ini. Bagi Kuyung, seharusnya jajaran Pemkab pro aktif melakukan loby ke Pemkab Muaraenim, Sehingga proyek ini bisa diketahui dari awal.

“Para pejabat PALI seharusnya menjalin komunikasi intens dengan Muara Enim. Masa, dana sebesar Rp 10,9 Milyar sampai lolos. Padahal kita sudah susah payah memperjuangkannya di DPRD,” kata Kuyung.

Jauh sebelumnya, menurut Kuyung, pihaknya sudah berkomunikasi dengan Penjabat Bupati PALI membicarakan hal ini. “Kita sudah komunikasikan dengan Pak Heri (Penjabat Bupati, red) dan beliau sangat merespon. Artinya, pejabat dan staf yang ada di Pemkab yang kurang aktif melakukan loby,” ungkapnya.

Kuyung berharap, untuk tahun-tahun mendatang kejadian seperti ini tidak terulang. Karena bisa merugikan masyarakat PALI sendiri. “Proyek yang bisa dilaksanakan kan banyak. Ada yang berasal dari propinsi dan ada yang dari pusat. Kita harapkan kedepan, pejabat di Pemkab dapat lebih aktif jemput bola,” kata politisi asal PKS ini.

Teks/Foto : Indra Setia Haris
Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster