TAA Dilengkapi PLTS

 184 total views,  2 views today

PLTS | net

PLTS | net


PALEMBANG, KS-Kawasan ekonomi khusus (KEK) di Tanjung Api-Api (TAA), Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel) bakal dilengkapi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) 50 mega watt (MW). Sementara untuk kebutuhan energi dimalam hari, otoritas TAA akan menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Uap.

Untuk tahap awal kata Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, energi listrik sebesar 50 MW tersebut bisa mencukupi kebutuhan listrik bagi industri di kawasan ujung Sumsel itu. “Untuk tahap pertama, kita bangun 50 MW PLTS yang ramah dan murah,” kata Alex yang dibincangi usai rapat paripurna DPRD Sumsel, Senin (18/11).

Alex meyakini, dalam waktu satu tahun, PLTS di TAA sudah dapat menyinari kawasan tersebut. Alasannya, selain tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, pembangunan PLTS tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama. “Kalau tenaga surya ini murah, kita tidak bayar ke matahari, jadi listriknya jauh lebih murah, ini sebagai antisipasi kebutuhan energi di kawasan tersebut,” jelasnya.

Alex menambahkan, PLTS ini tidak hanya akan dibangun di kawasan TAA saja tetapi juga dibangun di kawasan Jakabaring. Hanya saja peruntukkannya, akan sedikit berbeda jika dibandingkan dengan di TAA. Alex menambahkan, pembangunan kawasan TAA harus simultan dilakukan. Karena, investasi akan masuk kalau semua sarana dan fasilitas sudah siap.

Sementara itu, Kepala Badan Penanaman Modal Daerah (PMD) Sumsel, Permana, mengatakan, pada 20 November 2013 mendatang, rencananya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan menandatangani Peraturan Presiden (Pepres) tentang Pengembangan KEK TAA.

“Penandatanganan Pepres itu, ditandatangani presiden bersamaan dengan tiga KEK lainnya diantaranya di Belitung dan Sulawesi Tengah,” bebernya.

Wakil Ketua DPRD Sumsel MA Gantada dibincangi terpisah menambahkan, dewan akan mendukung semua rencana Pemprov Sumsel sepanjang untuk kepentingan masyarakat Sumsel pihaknya akan dorong.

“Makanya kita kaji-kaji dulu, sampai sejauh mana beban dan hasil PLTS. Tenaga surya dari sisi penggunaan energinya bagus, namun pemeliharaan mahal. Akan kita kaji seimbang atau tidak,”katanya.

Gantada mengungkapkan, pengembangan kawasan TAA memang sangat penting. Sebab pembangunan di kawasan itu, diyakini ada dampaknya bagi sektor lain. “Kawasan itu, akan terbuka dan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, perlu kita dorong dan Sumsel ini perlu banyak tempat-tempat yang menghidupkan perekonomian masyarakat,”tukasnya.

Teks : Dicky Wahyudi
Editor : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster