Pemkot Harus Selektif Keluarkan Izin

 257 total views,  2 views today

palembang
PALEMBANG, KS-Pembangunan di Palembang, kini terus menggeliat. Namun pembangunan tersebut, tidak hanya menimbulkan efek positif tetapi juga dampak negatif misalnya, penimbunan rawa-rawa sehingga menimbulkan banjir.

Hal tersebut menjadi sorotan DPRD Palembang, mereka meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang lebih selektif untuk mengeluarkan izin. Izin yang dikeluarkan kata Ketua DPRD Kota Palembang, harus terlebih dahulu dikaji apakah menimbulkan efek negatif bagi lingkungan atau tidak.

“Pemkot harus selektif mengeluar izin, seperti izin mendirikan bangunan (IMB), surat izin tempat usaha (SITU) dan izin lainnya. Sebelum dikeluarkan, harus diteliti dahulu, jangan sembarangan untuk mengeluarkan izinnya,”kritik Novan ketika dibincangi belum lama ini.

Menurut politisi Partai Demokrat itu, setiap pembangunan seperti rumah toko (ruko), bangunan gedung bertingkat dan perumahan serta lainnya, harusnya ditegaskan pemohon izin wajib menyediakan 25 persen lahan untuk penyerapan air. Jika tidak dilakukan, maka izinnya jangan dikeluarkan.

“Jika hal tersebut tidak dilakukan maka, bukan tidak mungkin banjir akan terus terjadi di Palembang, bahkan bisa lebih parah seperti saat ini. Karena banyak bangunan, saat ini tidak memiliki tempat resapan air,”ujarnya.

Ia menegaskan, harusnya analisis dampak lingkungan (amdal), harus menjadi syarat wajib yang dipenuhi sebelum izin lainnya dikeluarkan. Sebab dengan begitu, akan diketahui efek dari pembangunan yang akan dilakukan. “Ini yang bertanggung jawab adalah pemkot, jadi harus detail dan komprehensif dalam melakukan penelitian atau pengkajian pada proses pembuatan rekomendasi amdal,”ujarnya.

Novan menambahkan, dewan akan mengoptimalkan pengawasan terhadap izin mendirikan bangunan, yang dikeluarkan pemkot. Hal itu tegasnya, dilakukan guna memberikan kenyaman bagi warga Palembang.

“Mulai dari kelurahan, hingga tingkat kecamatan akan kita pantau, jangan sampai ada bangunan yang menyalahi aturan, sehingga akan memberikan dampak negatif bagi lingkungan sekitar,”tukasnya.

Teks : Alam Trie Putra
Editor : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster