Dijadikan HKN Ajang Memupuk Kebersamaan

 261 total views,  2 views today

Eni Zatila saat mengikuti Lomba Tarik Tambang dalam peringatan HKN di Dinkes Kab PALI.

Eni Zatila saat mengikuti Lomba Tarik Tambang dalam peringatan HKN di Dinkes Kab PALI.


PALI | KS – Banyak cara untuk merayakan hari besar. Tidak perlu mewah dan mahal. Tapi bagaimana menjadikan peringatan tersebut lebih berkesan dan bermakna bagi yang memperingatinya.

Seperti yang dilakukan jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten PALI. Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-49 yang jatuh pada Selasa (12/11), lalu diperingati dengan cara yang sangat sederhana. Tanpa upacara, tanpa seragam khusus, tanpa gembar-gembor, namun bermakna.

Para pegawai yang sehari-hari melayani kesehatan masyarakat ini, meluangkan hari Sabtu untuk menggelar serangkaian acara. Mengambil tempat di Halaman kantor Dinas Kesehatan, Sabtu (16/11), lalu sedikitnya 200 orang pegawai memeriahkannya.

“Kita ingin HKN kali ini menjadi ajang memupuk kebersamaan antar pegawai dinkes. Tantangan yang akan dihadapi kedepan sangat besar. Butuh semangat kebersamaan untuk melewatinya” kata dr Hj Eni Zatila MKM, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten PALI kepada Kabar Sumatera.

Sederet acara ringan dan lucu pun digelar. Mulai dari melakukan senam jantung sehat dan aerobik, lomba memasak nasi goreng antar karyawan, tarik tambang, main bola terung, cuci tangan pakai sabun, memasukkan belut, balap karung sampai lomba makan kerupuk.

Sengaja acara dibuat yang lucu-lucu agar suasana meriah. Menurut Eni, ini ditujukan agar tumbuh kebersamaan sehingga memudahkan dalam menyatukan komitmen antar pegawai.

“Sehari-hari kita berkutat dengan kesibukan melayani masyarakat, jadi satu hari ini kita habiskan untuk memupuk kebersamaan. Yang dulunya sekedar kenal menjadi lebih akrab. Apalagi yang datang ini pegawai dinkes dari seluruh PALI. Termasuk petugas yang dinas dipelosok” sambung Eni yang juga ikut jadi peserta lomba Tarik Tambang.

Dari data yang ada di panitia tercatat pegawai RSUD Talang Ubi dan 6 puskesmas di wilayah kabupaten PALI seperti Puskesmas Talang Ubi, Sungai Baung, Simpang Babat, Tanah Abang, Air Itam dan Tempirai. Tak jarang ada yang menyertakan keluarga.

“Sebenarnya, kita ingin peringatan HKN ini digelar dengan melibatkan masyarakat agar lebih bergema. Misal loma cuci tangan antar sekolah, lomba UKS dan sebagainya. Tapi karena keterbatasan dana, kita adakan secara internal dulu. Mudah-mudahan semangat kerja kawan-kawan di lapangan akan lebih terpacu untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat,” tutup Eni.

Teks/Foto : Indra Setia Haris
Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster