Belum Ada Konflik Agama di Sumsel

 847 total views,  4 views today

agama
PALEMBANG, KS-Walau memiliki keragaman suku, dan berbagai agama yang dianut penduduknya, namun untuk konflik antar pemeluk agama belum pernah terjadi di Sumatera Selatan (Sumsel). Bumi Sriwijaya ini kata Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel, H Ishak Mekki, menjadi provinsi yang paling kondusif kerukunan umat beragamanya.

Hal inilah menurut Ishak, yang harus terus dijaga. Umat beragama di Sumsel, diharapkan Ishak, tidak mudah terprovokasi dan terpecah belah. “Belum ada konflik keagamaan, yang mengacu kepada perpecahan di Sumsel. Karenanya kerukunan yang sudah terbina ini, harus terus dijaga,” pinta Ishak saat membuka rapat koordinasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), kemarin di Hotel Duta, Palembang.

Peran inilah jelas Ishak, yang diharapkan dari FKUB. Pemerintah kabupaten (pemkab) dan pemerintah kota (pemkot) di Sumsel diharapkan Ishak, memberikan dukungan untuk kegiatan FKUB. Dengan demikian, kerukunan umat beragama di Sumsel akan terus terjaga.
“Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel sendiri, telah menganggarkan dana operasional untuk kegiatan FKUB. Untuk kabupaten dan kota, dianggarkan Rp25 juta sedangkan provinsi dianggarkan Rp30 juta perbulan,” bebernya.

Bantuan ini sambungnya, merupakan dukungan pemprov untuk memberikan keleluasan bagi FKUB melaksanakan kegiatannya, guna menjaga dan menciptakan rasa aman, dan kerukunan bagi umat beragama di Sumsel.

Sementara itu, Ketua FKUB Sumsel, H Tohlon Abdul Rauf menegaskan konflik yang terjadi selama ini di Sumsel, bukanlah konflik agama. Konflik tersebut bebernya, adalah konflik kepentingan

“Walau pun di Sumsel, berkumpul banyak suku bangsa namun kondisi Sumsel kondusif. Kita terus berupaya memperat hubungan antara pemeluk agama, bukannya membanding-bandingkan antara agama masing-masing. Dengan begitu, konflik tidak akan terjadi,” tukasnya.

Teks : Imam Mahfudz Ali
Editor : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster