2014, Anggaran Pendidikan Meningkat

30 total views, 3 views today

Drs. Widodo, kepala dinas pendidikan

Drs. Widodo, kepala dinas pendidikan

PALEMBANG | KS-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) pada 2014 mendatang mengalokasikan anggaran untuk sekolah gratis senilai Rp400-Rp500 Miliar. Alokasi tersebut mencapai 50 persen dari total anggaran sektor pendidikan.

“Anggaran pendidikan Sumatera Selatan tahun 2014 mengalami kenaikan. Anggaran tahun ini mencapai Rp 806 miliar atau meningkat dari anggaran pendidikan tahun lalu sebesar Rp 780 miliar,” kata Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Widodo, belum lama ini.

Widodo menyebut, peningkatan jumlah anggaran sektor pendidikan tersebut sudah ditetapkan berdasarkan hasil rapat pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2014 DPRD Sumsel.

“Dari total anggaran pendidikan tersebut yang terbesar untuk sekolah gratis. Jumlah persis untuk sekolah gratis saya lupa tapi berkisar Rp400-Rp500 miliar,” katanya.

Dari jumlah untuk alokasi anggaran sektor pendidikan tersebut, ada peningkatan sekitar Rp 26 miliar. “Peningkatan anggaran ini untuk merealisasikan berdirinya Akademi Komunitas Negeri Sumsel yang akan dimulai September 2014,” terangnya.

Selain untuk sekolah gratis menurut Widodo, anggaran sektor pendidikan juga akan dialokasikan untuk program beasiswa pendidikan strata (S)1, S2 dan S3.

“Program Beasiswa juga menjadi prioritas, terlebih di 2014 nanti, kita juga menganggarkan untuk pembangunan unit sekolah baru SMA dan SMK di beberapa daerah,” ujarnya.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin beberapa waktu lalu mengatakan, pemerintah provinsi akan mendirikan Akademi Komunitas Negeri (AKN) pada 2014 mendatang. Pembangunan AKN ini merupakan amanat dari UU No. 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi. “Pada September 2014 Sumatera Selatan akan memiliki Akademi Komunitas Negeri. AKN dapat menjadi solusi pendidikan bagi anak-anak kurang mampu secara ekonomis dan akademis,” katanya.

Menurut Alex, setelah melaksanakan program sekolah gratis sejak SD sampai SMA, Sumatera Selatan akan memiliki Akademi Komunitas Negeri yang akan mendidik anak-anak kurang mampu secara ekonomis dan akademis sehingga mereka dapat bersaing dalam dunia kerja. “Insya Allah September tahun depan Akademi Komunitas Negeri Sumatera Selatan sudah bisa berjalan,” katanya.

TEKS : RIDIANSYAH
EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com