Siswa SMK Pertanian Uji Coba Cangkok Tanaman Buah

 345 total views,  2 views today

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik), Kabupaten Musirawas, H Jemain didampingi sekretarisnya, Sukamto, saat melakukan penanaman perdana bibit buah Mangga dan Sawo di Halaman Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Musirawas, Jumat (15/11/2013).

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik), Kabupaten Musirawas, H Jemain didampingi sekretarisnya, Sukamto, saat melakukan penanaman perdana bibit buah Mangga dan Sawo di Halaman Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Musirawas, Jumat (15/11/2013).

MUSIRAWAS | KS –Sebagai ujicoba hasil cangkok tanaman buah siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertanian 2, Tugumulyo melakukan penanaman bibit buah mangga dan sawo di halaman Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Musirawas.

Penanaman dimaksud untuk membuktikan hasil karya siswa dalam mata pelajaran ekstra kurikuler.

Penanaman perdana dilakukan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik), Kabupaten Musirawas, H Jemain didampingi sekretarisnya, Sukamto.

Kepada wartawan, Jum’at (15/11), H Jemain mengatakan bahwa penanaman bibit buah mangga dan sawo untuk mempraktekkan hasil karya siswa SMK Pertanian 2 Tugumulyo.

“Hasil dari karya siswa SMK Pertanian 2 ini diharapkan dapat berhasil sehingga berbuah. Ada tiga jenis bibit dari siswa ini diantaranya mangga, sawo dan durian. Mangga dan Sawo bisa kita tanam disini sedangkan untuk Durian tidak mungkin di areal perkantoran tapi bisa dialihkan ke tempat lain,” ungkap Jemain.

Ia sangat mengapresiasi atas karya siswa ini dan mendukung usaha dan kreativitas termasuk salah satunya praktek cangkok tanaman buah unggul.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Pertanian 2, H Yosef Mubarok melalui guru pembina dan juga Humas, Dwi Ida Hartati menyampaikan bahwa bibit tanaman buah merupakan hasil karya siswa dan masuk dalam mata pelajaran ekstra kurikuler.

“Hasil bibit tanaman buah ini merupakan karya siswa  dari kelas 10, 11 dan 12. Bibit yang sudah disiapkan saat ini berjumlah 40 bibit, 20 bibit mangga dan 20 bibit sawo. yang ditanam disini ada 20 bibit, 10 mangga dan 10 bibit sawo, sedangkan durian saat ini masih dalam cangkokan belum ditanam,” katanya.

Menurut Dwi Ida Hartati, untuk tanaman sawo dapat berbuah pada kisaran umur 10 bulan sedangkan mangga hingga 1- 2 tahun. “Kita harapkan tanaman bibit disini dapat berhasil hingga berbuah, dengan begitu baru terlihat hasil karya nyata dari siswa kita,” ungkapnya.

Teks : Faisol

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster