Pertamina Siapkan Hutan Kota Di Talang Ubi

 390 total views,  2 views today

Ekariza, FM Pertamina Pendopo Field menanam salah satu pohon.

Ekariza, FM Pertamina Pendopo Field menanam salah satu pohon.

PALI | KS –Langkah besar dilakukan oleh PT Pertamina EP Asset 2 Pendopo Field untuk pengembangan kota Talang Ubi. Lahan kosong di area komplek Pertamina yang nyaris tidak dimanfaatkan, kini ditanami oleh berbagai tanaman langka.

Tanaman tersebut diantaranya kayu tembesu, kayu bawang, kayu gahari, kayu jabon, kayu meranti, bambang lanang, dan lainnya.

“Sengaja kita pilih tanaman langka untuk mengenalkan tanaman ini kepada masyarakat.” Kata Ekariza, Field Manager PT Pertamina Pendopo.

Dari  Simpang Lima Talang Ubi menuju kantor Pertamina memang banyak lahan kosong yang nyaris tidak dimanfaatkan. Nah, saat ini lahan tersebut sudah dipenuhi ribuan pohon yang tertata rapi. Beberapa tahun kedepan diharapkan tanaman ini sudah tumbuh rindang dan menjadi paru-paru kota Talang Ubi.

“Nanti bisa dikembangkan menjadi taman kota sekaligus menjadi paru-paru kota Talang Ubi. Sebab kedepan akan banyak kendaraan, kalau tumbuh-tumbuhan berkurang, asap knalpotnya langsung kita hirup dan itu Berbahaya.” Jelas Ekariza disela-sela seremoni Penanaman 22.000 Pohon di Komplek Pertamina Pendopo Talang Ubi Kabupaten PALI, Jumat (15/11).

Penjabat Bupati PALI melalui Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Romli Hofiah menyambut baik gerakan yang dilakukan Pertamina ini. Bahkan Bupati berharap, kedepannya akan lebih banyak lagi kegiatan sosial yang dilakukan Pertamina dalam mendukung percepatan pembangunan di PALI.

Selain menghijaukan kembali lahan kosong tersebut, Pertamina juga menyiapkan  22 ribu pohon lainnya untuk ditanam diseluruh area kerjanya yang meliputi Kabupaten PALI, Kabupaten Musi Rawas dan Kabupaten Musi Banyuasin.

Adapun alokasi penyebaran pohon ini meliputi, 8.000 batang di wilayah Sukakarya Kabupaten Musi Rawas. 6.000 batang di wilayah Sungai Keruh Kabupaten Musi Banyuasin. Dan 8.000 ribu batang di wilayah Kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI.

Hadir pada acara seremoni itu, General Manager PT Pertamina Asset 2 Tubagus Nasiruddin, Field Manager Pertamina Pendopo Ekariza, Humas SKK Migas Wilayah Sumbagsel Darwin, Penjabat Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang diwakili Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan PALI Romli Hofiah, Muspika Talang Ubi dan jajaran tim manajemen Asset 2.

“Penanaman 22 ribu pohon ini merupakan salah satu bentuk kepedulian perusahaan terhadap kelestarian lingkungan terutama di sekitar wilayah kerja perusahaan. Serta dukungan kepada program pemerintah RI  terkait penanaman satu milyar pohon,” ujar GM Pertamina Asset II, Tubagus Nashirudin, saat memberi sambutan.

“Perusahaan selalu berusaha untuk melaksanakan pembangunan yang berwawasan lingkungan. Tentunya kita semua menginginkan supaya anak cucu kita kelak bisa menikmati lingkungan yang bersih dan layak untuk ditinggali,” kata Tubagus menutup pembicaraan.

Teks/Foto : Indra Setia Haris

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster