Perekaman e-KTP Baru 70 Persen

 487 total views,  2 views today

PAGARALAM, KS—Penyelesaian e-KTP secara nasional hingga akhir tahun 2013 ini tampaknya belum bisa terealisasi secara optimal. Pasalnya, pelaksanaan program e-KTP di Kota Pagaralam saat ini baru terealisasi sekitar 70 persen.

Demikian dikemukakan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pagaralam, M. Rasyidi Asin SH, Jumat (15/11).

Menurut dia, pelaksanaan perekaman data untuk e-KTP ini sudah maksimal dilakukan. Namun perbaikan-perbaikan data yang ada hingga kini terus dilakukan. Pendataan dan perekaman e-KTP ini, sebetulnya sudah selesai bila tidak ada kesalahan data yang dilakukan pihak perekaman dari pusat.

“Ada sekitar 42.015 data kita yang hilang akibat human error yang dilakukan pusat,”  kata Rasyidi.

Meski begitu, sambungnya, pihak Disdukcapil Kota Pagaralam tengah berusaha untuk memperbaiki data yang ada. Meskipun kesalahan tersebut dilakukan pihak pusat.

“Akibat adanya human error yang dilakukan pihak pusat,  kita terpaksa bekerja keras lagi mengulang perekaman sendiri. Sementara pihak pusat hanya membantu personil saja,” tambahnya.

Ia mengatakan, pihaknya akan segera mengecek dan melakukan perekaman e-KTP ulang bagi warga yang NIK nya salah. Selain itu, tim e-KTP pun bakal mendatangi warga yang belum sempat membuat e-KTP lantaran terbaring sakit dirumah atau yang lainnya.

“Langkah ini dilakukan agar nantinya tidak ada warga yang tidak memiliki KTP. Kami akan jemput bola menyisir siapa saja yang belum membuat e-kTP,” ujarnya.

Bagi warga yang belum memiliki e-KTP, kata dia, dihimbau agar dapat segera mendatangi kantornya atau datang ke kecamatan atau kelurahan. Begitu pula yang belum mendapat undangan pihaknya tetap melayani asalkan membawa KTP lama dan kartu keluarga (KK).

“Bila ada warga yang belum mendapat undangan bisa datang langsung kesini dan tetap kita layani,” lanjutnya.

Adapun dari jumlah wajib KTP sekitar 71.153 jiwa dari yang ada di lima wilayah kecamatan di Pagaralam, baru mencapai 70persen  yang sudah melaksanakan perekaman data-data kependudukan. Sementara sisanya 30 persen lagi masih dalam proses perekaman melalui program penyisiran ke seluruh kelurahan.

“Kami menilai antusias warga masih kurang. Selain itu, penduduk yang berada dipedusunan  jauh dari pusat kota banyak yang belum terekam, kemungkinan enggan datang ke kantor Dukcapil dengan alasan transportasi,” katanya.

Ia menambahkan, untuk proses perekaman data-data kependudukan pada program e-KTP tersebut meliputi berbagai hal, mulai dari biodata penduduk, NIK, sidik jari, retina mata, ciri-ciri fisik serta foto wajah yang langsung terekam melalui foto digital yang sudah terhubung dengan komputer.

“Data tersebut langsung terupdate secara online ke Diducapil Kota Pagaralam. Program e-KTP ini, diharapkan tidak ada warga yang memiliki KTP ganda. Semua data-data kependudukan akan lebih tertib dan tidak tumpang tindih,” imbuhnya.

Teks: Antoni Stefen

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster