Saling Berebut Nasabah Pensiun

 302 total views,  2 views today

PT Taspen

PALEMBANG | KS-Nasabah pensiunan kini jadi incaran perbankan guna pengembangan sayap bisnis. Potensi aliran dana yang berputar di sektor tersebut bisa dibilang sangat tinggi.

Khairul Rasidi, Kepala Cabang PT Taspen Palembang kepada Harian Umum Kabar Sumatera, Kamis (14/11) menyebutkan, hingga kini terdapat 54.000 pensiunan di provinsi ini. Dari angka itu, separuhnya yang jumlahnya mencapai 26.000 bermukim di Palembang.

“Dengan angka pensiunan itu, PT Taspen pada November 2013 telah menyalurkan dana sebanyak Rp 114 miliar,” ungkap Khairul Rasidi.

Untuk menyalurkan dana ini, pihak Khairul bermitra dengan 12 bank baik BUMN, BUMD dan swasta.

“Ada 400 kantor bayar di Sumsel ini. Kedepannya layanan akan terus kita tingkatkan,” katanya.

Kata Khairul, potensi nasabah pensiunan memiliki prospek cukup besar. Bahkan, setiap bulan terdapat  400 sampai 500 pensiun di provinsi ini. Itu artinya, akan ada nasabah baru yang “diincar” oleh perbankan.

Terlebih lagi, kini PT Taspen telah meluncurkan produk E-Karip (Kartu Identitas Pensiunan) elektronik untuk mempermudah pensiunan dalam mengambil dana pensiun dan Tunjangan Hari Tua (THT).

“Dengan adanya E-karip, para pensiunan akan lebih mudah untuk mengambil dana melalui atm. Selain itu, dengan adanya autentifikasi akan meminimalisir risiko pemalsuan dan penyelewengan dana,” sebutnya.

Untuk ikut ambil bagian di lahan nasabah pensiunan, Bank Bukopin Cabang Palembang mengambil langkah dengan segera meluncurkan Fasilitas E-Karip bagi nasabah pensiunannya

“Bukopin menjadi bank pertama yang meluncurkan produk E-Karip di Palembang. Dengan ini diharapkan dapat membantu kami untuk menyerap pasar pensiunan yang sangat potensial ini,” ungkap Dery Januar, Kepala Cabang Bank Bukopin Wilayah Palembang,

Tidak hanya itu, kata Dery, dengan E-karip, nasabah dapat mengambil dana pensiunnya di ATM bukopin, atm bersama dan atm bca di seluruh Indonesia.

Bahkan, untuk memperluas jaringan, pihaknya juga akan menggalakan sistim (office Channeling) dengan menggandeng koperasi dan BPR di wilayah yanng potensial.

Dari sisi penyaluran kredit, pihak Dery juga memberikan fasilitas layanan kredit pensiun dengan plafon yang disesuaiakan dengan jumlah dana pensiunan yang diterima nasabah.

“Sebagai tahap awal, pihaknya menargetkan penambahan 15 nasabah pensiunan baru setiap bulannya untuk menambah 120 nasabah yang sudah ada,” tutupnya.

TEKS:JADID ULUL ALBAB

EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster