Retribusi PALI Masih Disetor Ke Muaraenim

 216 total views,  2 views today

Baharudin SE, Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah

Baharudin SE, Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah

PALI | KS –Dalam menjalankan roda pemerintahan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) ternyata tidak dibiayai oleh dana retribusi.

Pasalnya, dana retribusi yang yang selama ini dibayarkan masyarakat ternyata masih disetorkan ke Pemkab Muaraenim. Pemkab PALI sendiri hanya mengandalkan dana hibah dari Pemprop Sumsel sebesar Rp 10 Milyar dan hibah dari Pemkab Muaraenim sebesar Rp 5 Milyar pertahun.

Hal itu sesuai dengan amanat Undang Undang Nomor 7 tahun 2013 tentang pemekaran Kabupaten PALI.

Namun demikian, untuk tahun 2014 mendatang seluruh retribusi yang dipungut di wilayah kabupaten PALI sudah masuk kas Pemkab PALI.

“Tahun 2014 mendatang baru kita punya pendapatan sendiri. Kalau tahun ini masih diambil Muara Enim” kata Baharudin SE, kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD) Kabupaten PALI, kemarin.

Baharudin menambahkan, untuk tahun ini seluruh retribusi diserahkan ke Muaraenim karena Muaraenim masih memberikan bantuan kepada PALI. “Ya, 2013 Kita kan masih dibantu, gak enaklah kalo retribusi juga masih kita ambil juga. Kalau 2014 baru kita usahakan pendapatannya dimaksimalkan,” tambahnya.

Meski demikian, sambung Baharudin, pelayanan terhadap masyarakat tidak terganggu meskipun dana anggaran masih minim.

“Retribusi yang saat ini dipungut diantaranya retribusi parkir, retribusi pasar dan lain-lain,” ucapnya.

Sementara itu, kepala UPTD Pasar Talang Ubi, Jonison mengungkapkan, pemasukan dari retribusi pasar jumlahnya besar. “Setoran retribusi dari UPTD Pasar saja setiap bulannya rata-rata mencapai Rp 24juta.  Jumlah itu belum termasuk retribusi dari parkir dan terminal,” singkatnya.

Teks/Foto : Indra Setia Haris





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster