Pelantikan Gubernur-Wagub Sumsel Habiskan Rp700 Juta

65 total views, 3 views today

Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan Periode 2013-2018, Alex Noerdin dan Ishak Mekki saat diambil sumpahnya oleh Mentri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi di Palembang Sport and Convention Center (PSCC) Palembang,Kamis (7/11).| Foto : Bagus Kurniawan/KS

Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan Periode 2013-2018, Alex Noerdin dan Ishak Mekki saat diambil sumpahnya oleh Mentri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi di Palembang Sport and Convention Center (PSCC) Palembang,Kamis (7/11).| Foto : Bagus Kurniawan/KS

PALEMBANG, KS-Pelantikan Gubernur-Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Selatan (Sumsel), Alex Noerdin-Ishak Mekki, 7 November lalu di Palembang Sport and Convention Center (PSCC), ternyata menghabiskan dana hingga Rp700 juta.

Sebab menurut pelaksana tugas (Plt) Sekretaris DPRD Sumsel, Ramadhan S Basyeban, dari dana Rp850 juta yang dianggarkan untuk pelantikan orang nomor satu dan dua di Sumsel itu, saat ini tersisa Rp150 juta.

“Dana yang tidak terpakai, untuk anggaran pelantikan tersebut sampai saat ini masih ada di kas. Sisa dana dari anggaran pelantikan tersebut, nantinya akan menjadi sisa lebih perhitungan anggaran (silpa),” kata Ramadhan ketika dibincangi di Media Center DPRD Sumsel, Kamis (14/11).

Ramadhan juga menjelaskan, dana sekitar Rp700 juta yang terpakai untuk pelantikan gubernur dan wagub, di manfaatkan  untuk memenuhi berbagai kebutuhan saat pelantikan. Misalnya, sewa gedung, kursi, tenda, pembuatan undangan , penyebaran undangan dan konsumsi.  “Dana tersebut, relatif kecil jika dibandingkan dengan kemeriahan pelantikan kemarin,” ucapnya.

Sebelumnya Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin saat usai menandatangani kebijakan umum anggaran (KUA) dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) di DPRD Sumsel, 8 November lalu menyebut, pelantikan ia dan Ishak Mekki sebagai gubernur dan wagub tersebut terbilang sukses.  “Kita banyak mendapatkan pujian, karena sukses dan meriah. Yang patut kita syukuri, semua kegiatan itu dirancang oleh orang-orang kita bukan dari event organizer (EO),” ucapnya.

Sebagai informasi, pelantikan Gubernur-Wagub Sumsel pada 7 November lalu dihadiri sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) seperti Mendagri Gamawan Fauzi, Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C Sutarjo, Menteri Koperasi dan UKM Syarif Hasan, Menteri Pemuda dan Olah Raga Roy Suryo dan Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz.

Hadir juga sejumlah tokoh nasional seperti Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie, Akbar Tanjung, Ketua DPD Irman Gusman. Selain itu, sejumlah gubernur di Indonesia seperti Juga Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo.

Kemudian Gubernur Lampung Sjachroedin ZP, Gubernur Sumut Gatot Pudjo, Gubernur NTB Tuan Guru Bajang M  Zainul Majdi dan Wakil Gubernur Bali I Ketut, juga hadir.  Tiga mantan Gubernur Sumsel, juga menghadiri pelantikan tersebut yakni Hasan Basri, Rosihan Arsyad dan Syahrial Oesman.

Teks     : Dicky Wahyudi
Editor  : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com