Menanti Gandus Sentra Buah

 498 total views,  2 views today

Taman Wisata Buah yang digadang-gadang Pemko Palembang diharapkan bisa memerbaiki ekonomi masyarakat.

Taman Wisata Buah yang digadang-gadang Pemko Palembang diharapkan bisa memerbaiki ekonomi masyarakat.

PALEMBANG | KS-Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan kota Palembang berwacana pada 2014 siap menjadikan Kecamatan Gandus sebagai sentra buah-buahan. Butuh lahan seluas 10 hektar. Konsepnya? Sama seperti taman buah di kawasan Batu Malang.

Menuju taman wisata. Inilah yang kini ditargetkan Pemerintah Kota Palembang melalui dinas terkait. Rencananya pembangunan taman buah ini akan direalisasikan 2015. Untuk menentukan jenis buah yang akan dibudidayakan sedang dilakukan kajian yang mendalam.

“Selain tercipta ruang terbuka hijau, kita berharap nantinya taman buah itu memberi nuansa alami yang bisa dinikmati siapa saja,” demikian kata H Harrey Hadi, Kepala Dinas Perikanan dan Kehutanan Palembang kepada Harian Umum Kabar Sumatera, Kamis (14/11) di ruang kerjanya.

Taman buah yang sekaligus berfungsi menjadi obyek wisata ini siap memanjakan pengunjung baik dalam kota maupun luar daerah. Namun begitu, terkait proses garapan taman buah ini berlangsung selama setahun.

“Kita perlu mengindentifikasi dan menyesuaikan kadar tanah di kawasan tersebut. Insyaallah, bila tak ada kendala, bibit-bibit buah yang akan ditanam siap dibibitkan. Itu sesuai dengan instruksi walikota,” ungkap Harrey.

Sebelum bibit ditanami, lanjut Harrey, pihaknya perlu mengenali jenis tanaman dan jenis tanah baik struktur ataupun teksturnya.

Hermanto (40), warga yang bermukim di Kecamatan Gandus berkata, ia menyambut baik adanya rencana membuat taman buah di kawasan Gandus. Dengan adanya taman wisata buah-buahan, ia berharap penduduk di kecamatan ini bisa menikmati wisata taman buah seperti yang ada di Batu Malang.

“Yo, kami tak jauh-jauh lagi pergi rekreasi. Makanya, kami senang  mendengar kabar rencana taman buah tersebut.

Serupa dengan Hermanto, Orin (24), warga Keramasan Seberang Ulu I berharap dengan adanya wisata taman buah ini dapat memerbaiki penghasilan warga yang berdomisili di Kecamatan Gandus.

“Pokoknyo aku senang, kalau memang di Gandus nanti ada taman buah. Ya, pasti asyik, dong. Ha..ha…ha,” Orin tertawa kecil.

TEKS:AMINUDDIN

EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster