Jelang Tutup Buku, Kades Diminta Segera Selesaikan Laporan

 223 total views,  4 views today

para Kepala Desa (kades) diminta segera menyelesaikan surat pertanggung jawaban (SPJ)

para Kepala Desa (kades) diminta segera menyelesaikan surat pertanggung jawaban (SPJ)

PALI | KS — Menjelang tutup buku tahun anggaran 2013, para Kepala Desa (kades) diminta segera menyelesaikan surat pertanggung jawaban (SPJ) dan dilaporkan ke kecamatan.

Laporan  yang diminta untuk diselesaikan itu meliputi laporan kegiatan bantuan gubernur, laporan kegiatan bantuan bupati, laporan kegiatan penyaluran raskin dan laporan beberapa bantuan yang diterima desa-desa di Talang Ubi.

Demikian ditegaskan camat Talang Ubi Drs Darmawi MSi saat rapat koordinasi kecamatan di ruang rapat camat Talang Ubi, kamis (14/11).

“Kita berharap, semua kades dapat menyelesaikan laporan tersebut tepat waktu sesuai dengan ketentuan. Laporan itu sangat perlu,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan Talang Ubi, Usmanto S.Sos yang memimpin rapat meminta agar semua laporan itu diselesaikan segera. “Semua laporan harus selesai, sebentar lagi kan tutup tahun,” jelas Usmanto.

Menurut Usmanto, keterlambatan pelaporan kegiatan itu akan berakibat pada tersendatnya penyaluran bantuan berikutnya. Seperti dana bantuan dari gubernur, bila belum ada laporannya maka penyaluran untuk tahap berikutnya akan ditunda.

Apalagi, sambungnya, untuk laporan dana bantuan Bupati Muaraenim, pada tahun 2014 bantuan dari Bupati Muaraenim sudah tidak ada lagi. “Bantuan untuk desa sudah ditiadakan, karena sudah diganti menjadi bantuan Bupati PALI. Proses pertanggungjawabannya harus disegerakan,” tambahnya.

Disamping itu, lanjut Usmanto, selama tahun 2013 ini bantuan raskin untuk desa tidak lagi 13 kali penyaluran melainkan ditambah menjadi 15 kali penyaluran. “Jatah sudah ditambah, masa masih telat,” tegur Usmanto.

Untuk beberapa desa yang kadesnya baru diganti, Usmanto menjelaskan laporan kegiatannya tetap menjadi tanggung jawab dari kades lama. “Kalau dana itu diterima kades lama, pertanggungjawabannya masih di kades lama. Tapi kalau laporannya tersendat, penyaluran bantuan untuk tahap berikutnya juga ikut tersendat,” tambah dia.

Seperti diketahui, saat ini tiga desa di Kecamatan Talang Ubi sudah mengganti kepala desa. Ketiga desa itu adalah Desa Talang Bulang, Desa Karta Dewa dan Desa Panta Dewa.

Teks/Foto : Indra Setia Haris

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster