FMHTIM : Tabal Batas Kerap Jadi Pemicu Sengketa

 267 total views,  2 views today

Ilst. Sengketa-Tanah

Ilst. Sengketa-Tanah

MUSIRAWAS , KS –Forum Masyarakat HTI Menggugat (FMHTIM) merasa tidak puas dengan hasil rapat dengan Pemkab Musirawas setelah aksi demo warga Trans HTI SP, Selasa lalu.

Pembina FMHTIM, Juanda kepada wartawan, Kamis (14/11) mengatakan  bahwa rapat Selasa lalu masih menimbulkan permasalahan dilapangan. Selain itu, tapal batas Izin Usaha Pengelolaan (IUP) PT Musi Hutan Persada (MHP) belum jelas.

“Belum jelas mengenai tapal batas IUP PT MHP, ketika kami tanyakan ke pihak PT MHP mengenai SK Menteri Kehutanan tentan luasan IUP PT MHP, mereka tidak mau menunjukkan sedangkan pihak Pemkab Mura mengaku belum memilki,” katanya.

Lanjut Juanda, permasalahan tapal batas juga kerap menjadi penyebab sengketa lahan tidak akan selesai karena tidak ada kepastian lahan yang dikelola PT MHP atau masyarakat. “Belum lagi permasalahan yang lain seperti ganti rugi dan dampak yang diakibatkan operasional perusahaan,” tuturnya.

Juanda menambahkan, FMHTIM akan melanjutkan untuk melaporkan permasalahan ini ke pusat, agar dapat dituntaskan segera. “Kami sudah lama menunggu permasalahan ini untuk diselesaikan namun kenyataan berlarut-larut belum ada titik terang. Rapat sudah digelar berkali-kali, tim sudah dibentuk namun hasil kerjanya masih nihil. Untuk itu kami mencoba menerobos kepusat mudah-mudahan masalah ini dapat diselesaikan,” keluhnya.

Teks : Faisol

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster