Tokoh PALI “Geruduk” Kantor Bupati

 416 total views,  8 views today

Para Tokoh Pali

Para Tokoh Pali | Indra KS

*Desak Ambil Alih Ex-aset PT MedCo

PALI | KS-Setelah menggelar pertemuan di Jalan Bayangkara Jumat (8/11) lalu, beberapa tokoh masyarakat bersama direksi Perusda PT Pali Anugerah Corporation akhirnya merealisasikan rencana untuk menemui Sekretaris Daerah Pemkab PALI. Para tokoh itu diterima Plt. Sekda, Amirudin Tjikmat dan Sekretaris DPRD Amri Achmad di Ruang Rapat Camat Talang Ubi, rabu (13/11).

Kedatangan para tokoh itu untuk mendesak Pemkab PALI agar sesegera mungkin meminta kepada Menteri Keuangan RI untuk memberikan eks-aset milik PT MedCo Energi. “Kami sudah menemui kepala SKK Migas Sumbagsel, bapak Amri (setwan, red) bersama bapak bupati waktu itu hadir. Nah, Skk Migas mengaku aset itu diluar Wilayah Kerja Pertamina (WKP) dan saat ini dikuasai menteri keuangan,” kata Zulyardi Sofjan SH MH, direksi PT Pali Anugerah Corporation.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, aset ini dahulunya merupakan komplek perumahan dan perkantoran PT MedCo Energy atau yang lebih dikenal sebagai PT Expan. Namun sejak tahun 2007 PT Medco pindah ke Musi Banyuasin, sehingga aset ini ditinggalkan dan tidak terurus.

Bila Pemkab bisa meminta secara resmi, lanjut Zulyardi, maka Pemkab bisa memiliki aset tersebut. Ada sekitar 50 unit rumah yang berada diluar WKP. “Mulai dari rumah dinas Bupati sampai SMAN 2 Unggulan lanjut ke Talang Kerangan,” jelas Zulyardi.

Kembali kepada pengambil-alihan aset ini, menurut Zulyardi aset ini bisa dikuasai Pemkab, dan  masyarakat sangat mendukung penuh. “Teman-teman siap untuk mengadakan aksi massa. Tapi kami masih memberikan peluang kepada Pemkab untuk mengambilnya secara halus dulu. Dan untuk mengantar suratnya, bila perlu temen-temen siap berangkat ke Jakarta dengan ongkos pribadi,” tegas dia.

Hal ini diamini Drs Soemarjono. Pria yang akrab disapa Pak De ini mendukung bila Pemkab meminta aset itu. “Bila perlu kita sama-sama ke Jakarta untuk mengantarkan suratnya,” tukas Soemarjono.

Hadir dalam pertemuan itu, selain Direksi PT PAC seperti Zulyardi Sofjan, Edi Rahmadi, Mairil Afrianto, M Soleh ST menghadap langsung Plt Sekda Amirudin Tjikmat. Direksi tersebut didampingi tokoh masyarakat seperti H Sahlan, Iskandar Anwar, Hayat, Sukarni, Sutan Amiril, Indra Patria. Rombongan ini diterima langsung Plt Sekda yang didampingi Sekretaris Dewan Amri Achmad.

Dihadapan Sekda, disamping memaparkan kondisi terkini status aset tersebut, para tokoh itu juga mempresentasikan rencana pembangunan Taman Kerangan Walk.

Kerangan Walk berlokasi di depan SMAN 2 Unggulan dan diabngun diatas lahan seluas 1 hektar. Lokasi ini rencananya akan menjadi tempat hiburan masyarakat yang dilengkapi sarana internet gratis.

Plt Sekda Amirudin Tjikmat menyambut baik dorongan dari masyarakat ini. “Sangat bisa kita lakukan. Nanti sepulangnya bupati dari studi banding, nanti suratnya kita siapkan” jawab Amirudin.

Amirudin sangat setuju dengan pemikiran ini. Sebab, menurutnya, dengan diambil alih aset itu maka akan memuluskan rencana penempatan satuan brimob disitu. “Ini perlu cepat. Kalau tidak nanti jatah brimobnya diambil kabupaten lain. Soalnya kabupaten lain juga sangat menginginkan keberadaan Brimob ini,” jelas dia.

Seperti pernah diberitakan harian ini, Satbrimob Polda Sumsel berencana menempatkan 165 anggotanya di Kabupaten PALI. Pemkab akan menempatkan brimob ini juga di lokasi Talang Kerangan.

Bila masyarakat juga menghendaki lokasi ini juga dibangun sarana hiburan masyarakat, Amirudin lebih mendukung lagi. “Nanti dibuat detail-nya kemudian kita ajak perusahaan yang ada disini untuk keroyokan membangunnya,” ujarnya.

TEKS / FOTO : INDRA SETIA HARIS

EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster