Puluhan Warga “Serbu” Kantor Bupati

 284 total views,  2 views today

Formas Beliti - TPK Aksi Demo ke Kantor Bupati Musirawas.

Formas Beliti – TPK Aksi Demo ke Kantor Bupati Musirawas.

MUSIRAWAS, KS –Puluhan  warga yang tergabung dalam Forum Masyarakat (Formas) Beliti – Tiang Pumpung Kepungut (TPK), “serbu” Kantor Bupati Musirawas untuk menuntut Pemkab Mura agar segera menyelesaikan permasalahan antara masyarakat di beberapa desa di Kecamatan Muara Beliti dan Tiang Pumpung Kepungut (TPK).

Aksi yang berlangsung Rabu (13/11), ini juga mendesak Pemkab Mura untuk meninjau ulang izin PT Agro Kati Lama (AKL) dan PT Gunung Sawit Selatan Lestari (GSSL), dan mengembalikan lahan masyarakat yang diperjualbelikan oleh oknum tertentu.

Massa juga mendesak agar kedua perusahaan untuk melakukan ganti rugi tanam tumbuh yang rusak akibat pembukaan lahan untuk operasional perusahaan dan mengukur ulang semua lahan bermasalah.

Koordinator Lapangan (Korlap), Tomi Mafinal mendesak Pemkab Mura bersama masyarakat dapat segera merealisasikan tuntutan tersebut dan secepatnya menetapkan ganti rugi pembebasan tanah dan ganti rugi tanam tumbuh sesuai dengan keputusan Gubernur Sumatera Selatan dan Bupati Musirawas.

“Kehadiran PT AKL dan PT GSSL di Musirawas, seharusnya menjadi jalan kemakmuran untuk rakyat diwilayah bersangkutan, namun justru membawa bencana khususnya bagi masyarakat Muara Beliti dan TPK.

Menurutnya, banyak masalah yang ditimbulkan dari berdirinya kedua perusahaan tersebut, mulai dari harga lahan yang tidak sesuai, gaji buruh tidak menentu, hingga lahan petani yang diambil bahkan tanam tumbuh yang rusak akibat didirikan kedua perusahaan tidak diganti rugi.

“Aksi demo selama ini telah kami lakukan bahkan pengaduan telah kami buat, tetapi nampaknya belum ada tanggapan dari pihak Pemkab Mura. Jika hari ini juga belum ada keputusan maka kami akan menginap di Kantor Pemda ini, sama seperti yang dilakukan kawan-kawan warga trans HTI yang sudah menginap satu malam disini, kami akan bergabung bersama mereka menunggu titik terang permasalahan ini,” teriak Korlap.

Aksi demo diterima Sekda Musirawas, Isbandi Irsyad. Sekda akan menindak lanjuti aspirasi masyarakat. “Segera ajukan data dari permasalahan. Dalam waktu seminggu akan diselesaikan. Silahkan cek ke kami tidak perlu rame-rame cukup perwakilannya saja,” tuturnya.

Dilapangan terpantau, tidak lama berselang perwakilan aksi demo diajak rapat oleh Sekda beserta Kadis Perkebunan dan Assiten II di ruang Advokasi Hukum Pemda.

Teks : Faisol

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster