Buah Kelapa dari Desa Makarti Diekspor Hingga Keluar Negeri

 1,363 total views,  2 views today

Aktivitas Bongkar Muat Buah Kelapa Di Pasar Sekanak Palembang | Iwan Cheristian

Aktivitas Bongkar Muat Buah Kelapa Di Pasar Sekanak Palembang | Iwan Cheristian

PALEMBANG | KS-Kebutuhan akan buah kelapa terutama di Indonesia cukup tinggi, terlihat beberapa ponton (tongkang) yang ada di pasar sekanak Kota Palembang yang membawa kelapa dari Desa Makarti kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan (Sumsel).

Selain untuk kebutuhan dalam kota, kelapa-kelapa tersebut juga dikirim ke berbagai Kota seperti, Jakarta, Bandung, Lampung serta ada juga yang dikirim ke negara-negara seperti, Cina, Hongkong, Malaisyah, dan negara-negara besar lainnya.

Habib (65) salah satu sopir Ponton mengatakan, buah kelapa yang ada dipasar sekanak ini merupakan buah kelapa yang berasal dari pulau-pulau kecil yang ada di Desa Makarti. Dirinya menambahkan, untuk buah kelapa ini biasanya dikirim langsung kepulau jawa sama sumetara, serta ada juga yang di eskpor keluar negeri.

“Buah kelapa ini kebanyakan di gunakan sebagai minyak goreng, serta batoknya dijadikan arang untuk memasak sate atau sebagai wadah untuk menampung getah karet,” kata Habib warga Makarti ini, Rabu (13/11).

Dirinya menambahkan, sekali membawa kelapa ke pasar sekanak ini Pontonnya mampu menggakut buah kelapa hingga 20 ton atau sekitar 8 mobil truk. “Buah kelapa dari Desa Makarti ini tembus hingga mancanegara, dan ini sangat membawa keuntungan bagi petani kelapa,” ungkapnya.

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster