Berselisih 56.925 Pemilih

 200 total views,  4 views today

pemilu

*Data DPT KPU dan Bawaslu Sumsel

PALEMBANG, KS-Penetapan daftar pemilih tetap (DPT) Sumsel untuk Pemilu 2014, oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel dipertanyakan. Pasalnya, DPT yang dimiliki Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumsel berselisih hingga 56.925 mata pilih dengan DPT yang telah ditetapkan KPU.

Hal ini terungkap dalam diskusi yang digelar di aula sekretariat Bawaslu Sumsel, Rabu (13/11). Menurut Ketua Bawaslu Sumsel, Andika Pranata Jaya, munculnya selisih mata pilih itu , setelah Bawaslu menganalisa DPT yang ditetapkan KPU Sumsel pada 2 November lalu.

“Hasil analisa kita, ada selisih 56.925 mata pilih. Bawaslu berdasarkan data Sidalih KPU RI yaitu 5.725.251 pemilih, sementara hasil pleno KPU Sumsel pada 2 November lalu sebanyak 5.782.176 mata pilih. Selisih ini harus dicari permasalahannya,” kata Andika.

Bawaslu kata Andika, juga akan meminta penjelasan kepada KPU Sumsel, terkait banyaknya pengurangan mata pilih. Dari catatan Bawaslu, sebanyak 11.015 pemilih dihapus atau dicoret oleh KPU dalam kurun waktu satu bulan atau Oktober ke November.

“Ada 11.015 daftar pemilih di Sumsel, yang diklaim KPU Sumsel telah dihapus atau dicoret melalui pencermatan dan faktualisasi di lapangan di seluruh kabupaten/kota di Sumsel. Namun, hingga kini Bawaslu belum menerima hasilnya secara faktual yaitu by name and by adress,” kritik Andika.

Sementara itu, Ketua KPU Sumsel, Aspahani ditemui di tempat yang sama menilai, selisih daftar pemilih yang dimiliki KPU Sumsel dan Bawaslu Sumsel masih wajar. Menurutnya, ada banyak faktor yang menyebabkan selisih tersebut, salah satunya masih ditemukannya warga yang belum memiliki NIK (Nomor Induk Kependudukan).

“Kita akan koordinasikan lagi dengan Bawaslu Sumsel terkait selisih ini, namun sebenarnya permasalahan itu bisa diatasi dengan KTP (kartu tanda penduduk). Karena kalaupun ada masyarakat yang belum masuk DPT, dan dia ada KTP maka ia bisa mencoblos,” tukasnya.

Teks     : Dicky Wahyudi

Editor  : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster