509 Jabatan Di PALI Masih “Nganggur”

 203 total views,  2 views today

Kepala BKD PALI -  Yuhairudin MZ

Kepala BKD PALI – Yuhairudin MZ

PALI | KS-Meskipun roda Pemerintahan di Kabupaten PALI sudah berjalan lancar, namun ternyata masih banyak posisi  yang belum terisi. Bukan hanya pegawainya yang kurang, bahkan pejabatnya pun masih kekurangan.

Jumlahnya tidak tanggung-tanggung, Sedikitnya ada 509 jabatan yang kosong alias tidak ada pejabatnya. Dan untuk sementara ini,  jabatan itu dirangkap oleh pejabat yang sudah ada.

Posisi yang masih kosong itu bukan posisi sembarangan. Dari eselon II sampai eselon IV. Mulai dari jabatan Kepala Dinas, Sekretaris Dinas, Kepala Bidang, Kepala Bagian, Kepala Sub bagian dan lain-lain.

Demikian dijelaskan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Yuhairudin MZ kepada Kabar Sumatera (KS), Rabu (13/11) di ruang kerjanya.

Menurut Yuhai, kondisi ini sudah lumrah terjadi di daerah yang baru dimekarkan. Kekurangan pegawai dan pejabat. “Dimana-mana, yang namanya daerah baru, pasti serba kekurangan,” kilahnya.

Sebagai daerah yang baru dimekarkan, kebanyakan pejabat enggan untuk pindah ke daerah itu. Keterbatasan fasilitas dan anggaran jadi penyebabnya. Sebab menurut Yuhai, sampai saat ini pihaknya masih terus mencari pejabat yang bersedia menempati posisi itu. Pihaknya sudah menawarkan kepada pejabat di kabupaten induk untuk mengabdikan diri di Kabupaten PALI. Tapi tetap saja masih kurang.

Namun demikian, Pemkab PALI tidak asal menerima berkas pejabat yang mendaftar. “Kita lihat dulu track record nya. Kalau cuma nambah masalah untuk apa. Pasti kita tolak,” ujarnya.

Sebenarnya, menurut Yuhai, Pemkab bisa saja merekrut guru yang memiliki pangkat dan golongan yang sesuai untuk mengisi jabatan tersebut. Tapi langkah ini sangat beresiko, karena menyebabkan sekolah kekurangan guru. “Kasihan anak-anak kita kalau tidak ada guru. Yang ada sekarang saja masih kurang,” kilahnya.

Saat ini, SKPD yang sudah memiliki struktur pejabat lengkap hanya Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi dan Dinas Pendidikan kebudayaan Pemuda dan Olahraga. Untuk mengatasi kondisi ini, Pemkab PALI terpaksa membuat rangkap jabatan bagi pejabat yang sudah ada.

Seperti BKD sendiri, Yuhai mencontohkan seharusnya diisi oleh 17 pejabat struktural. Satu Kepala Badan, satu sekretaris, empat kepala bidang dan 11 kepala sub bidang. Namun dari 17 posisi ini baru diisi oleh satu kepala sub bidang. Selain kepala badan dan satu kasubbid, BKD hanya digawangi oleh dua staf berstatus PNS dan dua staf Tenaga Kerja Sukarela. “Meskipun kurang, yang penting pelayanan tetap bisa dilakukan,” ujarnya.

TEKS / FOTO : INDRA SETIA HARIS

EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster