Tempat Usaha Wajib Miliki Apar

 353 total views,  2 views today

Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

PALEMBANG, KS-Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Kota Palembang menghimbau pengelola kos-kosan dan pengusaha rumah makan dan lainnya, agar menyediakan alat pemadam api ringan (APAR) di tempat usahanya.

Jika tidak maka kata Kepala BPBPK Kota Palembang, Edison, mereka akan diberikan sanksi. Namun apa sanksinya Edison, tidak menyebutkan. “ Masih banyak tempat usaha, tidak memiliki APAR. Mereka wajib menyediakannya, kami akan mengeceknya. Jika membandel, akan kita berikan sanksi tegask,” ungkap Edison ketika dibincangi di ruang kerjanya, Selasa (12/11).

Edison menerangkan, ada dua penyebab utama terjadinya kebakaran di Palembang. Yakni, arus pendek atau korsleting listrik dan kompor.  Karenanya jelas Edison, BPBPK gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat.

Tujuannya, agar masyarakat memperhatian instalasi listrik di kediamannya dan tidak meninggalkan rumah dalam kondisi kompor yang menyala. “Kita juga meminta bantuan RT dan RW di seluruh kecamatan, untuk mensosialisasikan ini,” ujarnya.

“Mayoritas penyebab kebakaran di Palembang, karena korsleting listrik. Terutama di kawasan pemukiman padat penduduk, dan kos-kosan. Disana kita sering lihat, banyak colokan listrik yang bertumpu pada sumber api. Itu bahaya dan bisa memicu arus pendek,” sambungnya.

Di Palembang sendiri sambungnya, ada 29 kawasan yang rawan kebakaran. Umumnya kawasan itu, adalah kawasan padat penduduk. “29 kawasan yang rawan kebakaran di Palembang, diantaranya kawasan padat penduduk, semak belukar, hutan kota dan lahan gambut,” bebernya.

Untuk menekan kerugian akibat amukan si jago merah tersebut, BPBPK jelasnya, telah memiliki tujuh posko yang tersebar di beberapa kecamatan diantaranya Gandus, Alang-alang Lebar (AAL), Sako dan Merdeka.

Disetiap posko itu, disiagakan tiga unit kendaraan pemadan kebakaran dan sejumlah personil. “Namun kita masih kekurangan mobil pemadam kebakaran, rencananya di 2014 kita akan menambah peralatan yakni empat unit pompa damkar, lima unit pompa portable, dan empat unit mobil pemadam kebakaran. Kita juga akan menambah posko pemadam kebakaran, di kawasan Ilir Timur (IT) I dan II,” tukasnya.

Teks     : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster