Stok Pangan Aman Hingga Akhir Tahun

 235 total views,  2 views today

Foto | reuters

Foto | Reuters

PAGARALAM, KS-Menjelang akhir tahun, stok pangan di Pagaralam sejauh ini dinilai aman. Hal itu dikemukakan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Jumaldi Jani SP MM di Pagaralam, Selasa (12/11) kemarin.

Menurutnya, produktivitas pangan yang ada di Kota Pagaralam sejauh ini masih cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Ditambah lagi adanya program bantuan benih demi mendongkrak produksi petani setiap tahunnya.

“Masyarakat tak perlu khawatir, mengingat kerawanan pangan tidak mungkin terjadi,” katanya.

Bicara soal pangan, kata dia, tidak hanya bicara beras saja yang setiap tahunnya meningkat. Karena Pagaralam juga menjadi sentra sayur mayur di Sumatera Selatan, bahkan menjadi pemasok untuk daerah lain. Untuk itu, kekhawatiran akan terjadinya rawan pangan bisa ditepis.

“Sejauh ini kita tengah mengantisipasi hal itu dengan terus memantau stok perkembangan pangan hingga ke daerah terpencil seperti ke areal pertanian dan luas milik petani,” jelasnya.

Meski begitu, dari sejumlah sawah yang ada, hanya sebagian saja sawah tadah hujan. Selebihnya merupakan sawah dengan pengairan yang cukup, bahkan petani bisa dua kali melakukan panen.

“Saat ini kita juga memprogramkan bantuan bagi petani melalui APBD Kota, Provinsi atau APBN yang bisa mendukung produktivitas petani,” tambahnya.

Terpisah, Arimah, warga Dusun Petani menjelaskan, dari hasil panen yang dilakukan sekitar dua bulan lalu cukup banyak. Ia mengharapkan hal serupa dapat kembali terulang seperti tahun ini. “Semoga tahun ini ada peningkatan,” akunya.

Hal serupa diungkapkan, Jarman, salah satu petani di Dempo Tengah. Ia mengatakan, sejak sepekan terakhir dirinya baru melakukan penyemaian benih padi, usai membajak sawah.

“Belum lama ini kita baru menyemai dengan varietas Ciheurang. Mudah-mudahan musim tanam kali ini panennya meningkat, seperti yang diharapkan,” kata Jarman.

Teks: Antoni Stefen

Editor: Sarono P Sasmito





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster