Perusda Muara Enim Harus Menjadi Aset PALI

 900 total views,  2 views today

Direksi PT Pali Anugerah Corporation saat menggelar pertemuan dengan Direksi Perusda Muara Enim

Direksi PT Pali Anugerah Corporation saat menggelar pertemuan dengan Direksi Perusda Muara Enim

PALI | KS-PT Pali Anugerah Corporation, sebagai holding (induk) perusahaan daerah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) terus berusaha agar mampu memberikan sumbangan pendapatan bagi Pemkab PALI.

Salah satunya adalah menarik investor dari luar daerah, guna menanamkan usahanya dikabupaten yang baru berdiri ini. Komunikasi dengan beberapa investor pun dilakukan secara intensif. “Kita sudah menjalin komunikasi intensif dengan beberapa investor besar. Insya Allah dalam waktu dekat bisa direalisasikan,” kata Zulyardi Sofjan, Direktsi PT PAC.

Tidak puas dengan mendekati investor luar daerah, PT PAC mengusahakan untuk mengambil alih beberapa aset yang selama ini dipakai Pemkab Muara Enim. Pembentukan Kabupaten PALI ini seharusnya seluruh aset yang ada di PALI harus diserah-terimakan.

“Lahirnya UU no 7 tahun 2013 tentang pembentukan Kabuaten PALI, seharusnya menjadi pedoman pengallihan aset dari Muara Enim ke PALI. Secara hukum harus begitu,” tambah Zulyardi.

Menurut dia, aset yang selama ini dikuasai Perusda Muara Enim harus segera di alihkan menjadi aset perusda PALI. Aset tersebut diantaranya, Saham di anak perusahaan PT Perusda Agrolanggeng yang mengelola kebun sawit seluas 385 hektar di Simpang Raja. Selain itu kepemilikan saham di PT Petro Enim Betun Selo, yang mengelola lapangan minyak dan gas di Purun Timur.

PT Petro Enim Betun Selo saat ini belum berproduksi, sehingga belum menghasilkan pendapatan. Namun untuk Perusda Agrolanggeng, saat ini sudah panen. “Hitungan saya dari hasil kebun sawit itu,  paling tidak dihasilkan Rp80juta per bulan. Ini yang akan kita ambil untuk disumbangkan kepada APBD Kabupaten PALI,” sambung Edi, panggilan akrab Zulyardi.

Belum adanya kejelasan pemindahan aset perusda dari Muara Enim ke Perusda PALI itu, direksi PT PAC mendatangi kantor Perusda Serasan Sekundang Muara Enim, selasa (12/11).

Jajaran PT PAC dipimpin Zulyardi Sofjan didampingi Edi Rahmadi dan Mairil Afrianto langsung menemui direksi perusda Muara Enim yang diwakili salah satu direksi Bambang Widodo.

Zulyardi menanyakan langsung perkembangan pengalihan aset ini. Zulyardi meminta kejelasan waktu serah terima aset-aset yang saat ini dikuasai Perusda Muara Enim.

Bambang Widodo menjelaskan, saat ini pihaknya masih mempelajari dasar hukum pemindahan aset yang diminta kabupaten PALI itu. “Kita masih menghitung rincian asetnya. Dan kita juga masih mempelajari dasar hukum pengalihan aset itu apa. Kalau yang sudah jelas (aturan yang mendasarinya, red)  mungkin sudah bisa kita sepakati. Tapi masih ada yang perlu dibicarakan lebih jauh. Kita masih kaji,” kata Bambang.

Namun Bambang belum berani memberikan kepastian kapan selesainya pengkajian tersebut bisa diselesaikan. “Belum bisa dipastikan. Mungkin akhir tahun sudah selesai,” jelasnya.

Bambang juga menjelaskan dari sekian banyak aset perusda yang ada di kabupaten PALI hanya dari perkebunan sawitlah yang sudah menghasilkan pendapatan. “Baru dari kebun sawit itulah. Jumlahnya sekitar Rp 50juta per bulan,” tambah Bambang.

“Sementara untuk Betun Selo dan Batubara saat ini belum berjalan,” sambungnya.

Menyikapi hasil pertemuan ini, direksi PT PAC menganggap pemkab PALI masih harus bersabar. “Setidaknya sampai akhir tahun ini,” kata Zulyardi.

Padahal, menurut Zulyardi, dengan keluarnya UU nomor 7 tahun 2013, secara otomatis kepemilikan terhadap perkebunan sawit itupun sudah berpindah tangan. “Sejak penjabat Bupati PALI dilantik, seharusnya pendapatan itu sudah harus masuk ke kas Pemkab PALI”

Namun, bila melihat jawaban yang diberikan Perusda Muara Enim, tampaknya harapan Pemkab PALI untuk memperoleh pendapatan tambahan harus tertunda. “Yaa.. Harus nunggu sampai akhir tahun.” kilahnya.

TEKS / FOTO : INDRA SETIA HARIS

EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster