Drainase Dipenuhi Sampah

 219 total views,  2 views today

Dipenuhi Limbah - Beberapa pelajar melintas di atas DAM yang kotor oleh limbah rumah tangga di jl.Lorong Sahabat,Puncak Sekuning,Palembang,Selasa(12/11). Foto : Bagus Kurniawan/KS

Dipenuhi Limbah dan Sampah  – Beberapa Pelajar Melintas di atas DAM yang kotor oleh limbah rumah tangga di jl.Lorong Sahabat,Puncak Sekuning,Palembang,Selasa(12/11). | Foto : Bagus Kurniawan/KS

PALEMBANG, KS-Setiap musim penghujan datang, sejumlah kawasan di Kota Palembang dipastikan akan kebanjiran. Banjir sampai saat ini, masih menjadi pekerjaan rumah (PR) yang belum bisa dituntaskan oleh Pemerintah Kota (pemkot) Palembang.

Pemkot menyebut, banjir di kota empek-empek ini penyebabnya karena sistem pembuangan air yang tersumbat akibat tumpukan sampah. Kepala Dinas Kebersihan Kota (DKK) Palembang, Agoeng Noegroho menyebut, hasil pengecekan yang mereka lakukan menunjukkan banyak drainase di metropolis yang tersumbat.

“Pengecekan dilapangan, banyak drainase yang tersumbat karena sampah, sehingga aliran airnya terganggu. Inilah, yang salah satu penyebab terjadinya banjir di Kota Palembang,” kata Agoeng ketika dibincangi di ruang kerjanya, Selasa (12/11).

Karenanya bekerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga (BM) dan Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Kota Palembang sebut Agoeng, DKK memprioritaskan untuk membersihkan drainase yang tersumbat itu dari tumpukan sampah.

Ini jelas Agoeng, mendesak dilakukan karena saat ini sudah masuk musim penghujan. “Kita lakukan pengerukan di drainase dan sistem saluran air lainnya, dari tumpukan sampah agar aliran air menjadi lancar. Ini salah satu cara kita, untuk menghindari terjadinya banjir,” jelasnya.

Kawasan mana saja, yang sistem drainase nya dibersihkan ?, Agoeng menyebut, semua drainase di 16 kecamatan dan 107 kelurahan di Palembang akan dibersihkan secara bertahap. Namun mereka tidak menargetkan, kapan semua drainase itu berhasil dibersihkan semuanya. “Kita berharap secepatnya, akan dituntaskan,” tegasnya.

Agoeng menambahkan, kebersihan terutama kebersihan dilingkungan pemukiman akan menjadi fokus kerja DKK pada 2014 mendatang.  “Kita akan buat tim, untuk menjaga kebersihan lingkungan pemukiman tersebut. Tim ini, yang akan memotivasi warga untuk menjaga kebersihan dilingkungan tempat tinggalnya termasuk memanfaatkan sampah menjadi benda yang bisa dimanfaatkan,” tukasnya.

Teks     : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster