Pemerintah Australia Suntikan Dana Ke Madrasah Swasta

 325 total views,  2 views today

australia-aid

PALEMBANG | KS-Untuk mempercepat proses akreditasi madrasyah yang ada di provinsi Sumatera Selatan, Pemerintah Australia dan Badan Akreditasi Provinsi (BAP) memberikan bantuan dana ke madrasyah yang belum terakreditasi. “Mulai September kemarin, kita sudah menyuntikan dana, agar dapat digunakan untuk memenuhi syarat akreditasi,” ungkap Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kemenag Sumsel, Drs. Ahmad Fauzie, saat dibincangi kemarin (11/11).

Total dana dari BAP adalah sekitar Rp 800 juta  yang akan digunakan untuk visitasi dan akreditasi bagi 212 madrasah di Sumsel. Diantara madrasah tersebut sebanyak 71 madrasah merupakan binaan dari program kerjasama pemerintah dengan Australia atau disebut program AusAID.

“Untuk madrasah binaan AusAID ini akan mendapatkan dana sebesar Rp 7 Milyar untuk mendapatkan target akreditasi A. Program bantuan terhadap madrasah ini diberikan sepenuhnya kepada madrasah swasta. Hal ini dikarenakan tinggal madrasah swasta saja yang belum mendapatkan akreditasi, sedangkan madrasah negeri seluruhnya telah terakreditasi,”. tuturnya.

Sebelumnya, Berdasarkan data yang didapat ada sekitar 456 dari 1.039 madrasah swasta di Provinsi Sumatera Selatan belum diakreditasi.

Menurut Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Ahmad Fauzie, beberapa waktu lalu, ada sekitar 10 persen madrasah swasta yang tersebar di sejumlah wilayah di Sumsel belum mengajukan akreditasi sama sekali.

Oleh karena itu, pihaknya terus melakukan berbagai upaya agar madrasah swasta tidak lupa terhadap akreditasi. Salah satu upaya yang dilakukan yakni menggelar sosialisasi ke seluruh kabupaten/kota di Sumsel akan pentingnya kepemilikan akreditasi.

“Target kita, semua madrasah swasta mendapatkan akreditasi A sebab selama ini akreditasi yang ada kebanyakan akreditasi B dan C. Kendati belum diakreditasi, namun siswa tidak perlu khawatir karena ijazah madrasah yang belum diakreditasi tetap berlaku,” tegasnya.

Untuk diketahui, total jumlah madrasah negeri dan swasta di Sumsel 1.130. Masing-masing terdiri dari 37 Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN), 461 Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS), 33 Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN), 405 Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTsS), 21 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) dan 173 Madrasah Aliyah Swasta (MAS).

Teks : Ridiansyah

Editor : Romi Maradona





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster