Kandidat dan Panitia Pilkades Dikumpulkan Di Kantor Camat

 308 total views,  2 views today

Panitia Pilkades Dikumpulkan Di Kantor Camat

Panitia Pilkades Dikumpulkan Di Kantor Camat

PALI | KS-Untuk menghindari kisruh dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades), sudah menjadi tradisi camat melakukan pembinaan kepada para kandidat, panitia dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Seperti yang dilakukan oleh camat Talang Ubi Drs Darmawi M.Si, Senin (11/11) di ruang rapat kantor camat Talang Ubi. Secara khusus, Darmawi mengundang mereka yang terlibat dalam pilkades yang akan digelar di Desa Talang Akar dan Desa Sungai Ibul.

“Kedua desa itu tidak lama lagi bakal menggelar pilkades. Sebelum pemilihan digelar, kita pantau terus persiapannya. Kita berikan penjelasan jangan sampai setelah pemilihan terjadi silang sengketa. Makanya kita undang” ujar Darmawi.

Dihadapan para undangan dari dua desa itu, Darmawi menjelaskan tahapan yang sedang dilakukan sekaligus menjaring keluhan panitia dan kanidat.

Seperti yang ditanyakan salah satu hadirin yang menanyakan batas waktu domisili seseorang agar bisa menggunakan hak pilih dan hak dipilih. Karena salah satu kandidat ditengarai belum lama berdiam di desa Sungai Ibul.

Untuk menyikapi pertanyaan ini, darmawi langsung melakukan cek ulang kepada kepala desa yang bersangkutan. namun, karena kandidat tersebut memiliki KTP dan Kartu Keluarga maka menurut Darmawi, itu sudah menjadi ukuran untuk menyatakan domisili seseorang.

Seusai pertemuan, Darmawi menjelaskan hal seperti inilah seharusnya diselesaikan sebelum pemilihan. Bila pertanyaan seperti itu dibiarkan, lanjutnya, akan menimbulkan protes. “Sebelum protesn lebih baik kita uraikan aturan mainnya. Dan ini adalah pembelajaran demokrasi bagi warga,” tutup Darmawi.

TEKS / FOTO : INDRA SETIA HARIS

EDITOR : IMRON SUPRIYADI

 

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster