Dewan Sumsel Diberi Rp135 Juta

 216 total views,  4 views today

duit

Ilustrasi | Dok KS

PALEMBANG, KS-Di DPR RI, setiap wakil rakyat di sana di masa jabatannya bakal mendapatkan uang pensiun. Sementara di Sumsel, 75 anggota DPRD Sumsel tidak mendapatkan uang pensiun tersebut. Namun mereka mendapatkan uang refresentasi.

Uang refresentasi ini kata Ramadhan, diberikan kepada semua anggota dewan. “Itu bukan uang pensiun, uang tersebut diberikan kepada semua anggota dewan selama masa pengabdiannya,” jelas Ramdhan yang dibincangi di ruang kerjanya, Senin (11/11).

Hitung-hitungannya sebut Ramadhan, untuk ketua mendapatkan uang refresentasi 100 persen dari gaji pokok Rp3,5 juta yang dikalikan lima tahun. Artinya untuk ketua mendapatkan Rp210 juta. Sedangkan wakil ketua 80 persen dari gaji. Jika ditotal, uang refresentasi yang harus dibayarkan kepada pimpinan dewan tersebut selama lima tahun sekitar Rp2,4 miliar.

Sementara untuk anggota, mendapatkan uang refresentasi 75 persen dari gaji Rp2,25 juta. Artinya dalam lima tahun, setiap anggota dewan bisa mengantongi Rp135 juta. Jika ditotal dalam lima tahun, uang refresentasi yang dibayarkan kepada 71 anggota dewan tersebut mencapai Rp1 miliar lebih.

Ia menerangkan, uang refresentasi ini dibayarkan dalam enam kali. Sehingga setiap kali pencairan, untuk pimpinan mendapatkan sekitar Rp43 juta, wakil ketua Rp18 juta dan untuk anggota Rp13 juta lebih.  ”Kalau ada anggota dewan setiap tahunnya mau dicairkan , sekretariat akan mengajukannya ke Pemerintah Provinsi (pemprov) Sumsel,” ungkapnya.

Ramadhan mengatakan, Sekretariat Dewan (Setwan) hanya menjalankan perintah Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 tahun 2004 tentang Kedudukan Protokuler dan Keuangan Pimpinan dan Anggota Dewan. “Tidak ada pro-kontra di masyarakat, karena kita hanya menjalankan peraturan,”tukasnya.

Teks     : Dicky Wahyudi
Editor  : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster