Jelajahi Sungai Musi Sejauh 500 Km

32 total views, 3 views today

Musi Triboaton : Wamen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar dan Ketua DPR RI Marzuki Ali dan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin melaunching Musi Triboaton, kemarin di Jakarta. Event ini, akan digelar 16-22 November mendatang. Foto: ist

Musi Triboaton : Wamen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar dan Ketua DPR RI Marzuki Ali dan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin melaunching Musi Triboaton, kemarin di Jakarta. Event ini, akan digelar 16-22 November mendatang. Foto: ist

PALEMBANG, KS-Untuk kedua kalinya, Musi Triboaton kembali digelar. Ajang yang melombakan tiga jenis olahraga tersebut yakni dayung, rafting, kayak, traditional boat race itu rencananya akan digelar 16 – 22 November mendatang.

Musi Triboaton 2013, kemarin di launching oleh Menteri Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar dan Ketua DPR RI Marzuki Ali, di Balairung Soesilo Soedarman Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif.

Dalam ajang tersebut, peserta akan menjelajahi Sungai Musi sejauh 500 kilometer (km), dengan menggunakan kapal pesiar tradistional, sebagai tempat menginap peserta selama penjelajahanan.

“Musi Triboatton ini, menjadi sarana untuk meningkatkan perekonomian di Sumsel, sama halnya yang diperoleh Sumsel saat menggelar SEA Games dan Islamic Solidarity Games (ISG) lalu,” kata Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, dalam relese yang diterima Kabar Sumatera.

Alex menyebut, ajang tersebut juga memiliki dampak positif seperti investasi dan membuka pasar. Dalam bidang  pariwisata, Musi Triboatton ini sebut Alex,  bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Sumsel.

Ia menjelaskan, sama seperti tahun sebelumnya adalam Musi Triboatton 2013 ini setiap peserta akan menjelajahi Sungai Musi mulai dari start di hulu di Kabupaten Empat Lawang dan finish di pelataran plaza Benteng Kuto Besak (BKB), Palembang.  Sementara pembukaanya, digelar di Gelanggang Remaja Kabupaten Muba.

“Peserta nantinya, akan melintasi empat kabupaten dan kota di Sumsel yakni Empat Lawang, Musi Rawas (Mura), Musi Banyuasin (Muba) dan Palembang,” jelas Alex.

“Sudah tujuh tim dari lima negara yakni Prancis, Inggris, Malaysia dan Singapura yang memastikan ikut serta dalam Musi Triboatton 2013. Sementara dari dalam negeri, ada tujuh tim yakni DKI Jakarta, Jawa barat, Jambi, Riau, Sumatera barat, dan tuan Rumah Sumsel 1 dan sumsel 2,” bebernya.

Sementara itu Wakil Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar menyebut, Musi Triboatton tersebut akan menjadi kalendar tahunan.  “Musi Triboatton ini, dapat menjadi media memperkenalkan potensi wisata alam, budaya, sejarah dan kuliner di Bumi Sriwijaya,” ungkap Sapta.

“Melalui ajang tersebut, kita promosikan Sumsel sebagai  destinasi wisata petualangan kelas dunia, dengan kegiatan olahraga air di Sungai Musi sebagai ikonnya,”tukasnya.

Teks     : Imam Mahfudz Ali
Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com