Hilangkan Kesan Angker di TPU

94 total views, 10 views today

Pemakaman umum | (VIVAnews/Muhamad Solihin)

Pemakaman umum | (VIVAnews/Muhamad Solihin)

PALEMBANG, KS-Selama ini, kesan angker selalu melekat di taman pemakaman umum (TPU). Kesan inilah, yang coba dihilangkan oleh Dinas Penerangan Jalan Pertamanan dan Pemakaman (DPJPP) Palembang.

Karenanya kata Kepala DPJPP Kota Palembang, Alex Fernandus, di TPU yang akan dibangun oleh DPJPP akan dilengkapi dengan taman dan penerangan. “Selama ini kan, TPU selalu kesan angker. Kita ingin hilangkan kesan itu dari masyarakat, karenanya TPU yang kita bangun ini dilengkapi taman,” jelas Alex yang dibincangi, kemarin.

Ia menyebut, DPJPP saat ini tengah membangun tiga TPU baru di metropolis. Ketiga TPU ini dibangun di kawasan Talang Kelapa, Kalidoni dan Gandus. “Pembangunannya, dilaksanakan secara serentak, mengingat saat ini lahan pemakaman di Palembang sudah banyak yang penuh. Karena itu kami tambah,”sebutnya.

Alex menyebut, untuk TPU di Talang Kelapa saat ini tengah dilakukan pengerjaan jalan menuju TPU tersebut.  Sementara TPU di Kalidoni, baru diselesaikan pembebasan lahannya. Sedangkan untuk TPU di Gandus, sudah bisa pergunakan pada 2014 mendatang.  “Kami harapkan semuanya berjalan dengan baik, saat ini sedang berproses untuk pengerjaan,”ujarnya.

Alex menyebutkan, untuk ke tiga TPU tersebut, berbeda-beda luasnya. TPU Talang Kelapa memiliki luas 4,6 hektar,  TPU Kalidoni dengan 4,5 hektar, sedangkan TPU Gandus luasnya mencapai 7 hektar. “Mengapa TPU Gandus lebih luas, karena kawasan tersebut memang belum ada pemakaman yang luas, selain itu di kawasan tersebut juga masih ada lahan yang cukup luas,”tukasnya.

Ia juga menjelaskan, saat ini di Palembang ada  32 TPU. Namun yang dikelola langsung oleh pemkot hanya 16 TPU saja. Sisanya adalah TPU yang dikelola masyarakat dan tempat pemakaman keluarga.  “Namun dari 16 TPU yang dikelola pemkot tersebut, hanya 14 TPU saja yang di tarik retribusinya,” tukasnya.

Sebagai informasi, seperti diberitakan Kabar Sumatera berdasarkan data DPJPP, umumnya kondisi TPU di Kota Palembang dalam kondisi kritis. Di TPU Kamboja, dari luas lahan 6,60 hektar sudah 98 terisi. TPU Kandang Kawat dengan luas lahan 7,40 hektar 98 persen berisi, TPU Talang Kerikil 98,40 ha 93 persennya terisi.

TPU Puncak Sekuning, dari luas lahan  4,10 hektar 90 persennya terisi.  Begitu juga TPU Bukit Lama dengan luas lahan 10,00 hektar sudah  95 berisi, TPU Sei Goren dengan luas 3,80 ha 97 persen berisi.

Sedangkan TPU Naga Swidak dengan luas 6,10 hektar 99 persen berisi, TPU Kebun Bunga luas 5,50 hektar 65 persen berisi. TPU Talang Jambi dengan 2,60 hektar 40 persen berisi,  TPU Sei. Selayur luas 4,40 hektar 97 persen berisi, TPU Talang Petai luas 1,00 hektar 93 persen berisi.

Sementara TPU yang terbilang baru adalah TPU Sako dengan luas 5,00 hektar, TPU Talang Kelapa luas 4,60 hektar, TPU Gandus luas 5,00 hektar, dan TPU Kalidoni dengan luas 11,00 hektar.

Teks     : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com