Dua Kali Sehari Digelar Sendratari

 62 total views,  6 views today

Pulau Kemaro Palembang | Dok KS

Pulau Kemaro Palembang | Dok KS

PALEMBANG, KS-Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Palembang, akan menyiapkan paket wisata baru di Pulau Kemaro. Suguhan seni drama dan tari (sendratari) akan dihadirkan di lokasi wisata tersebut.

Kepala Disbudpar Kota Palembang Yanuarpan mengatakan, Disbudpar saat ini tengah menyusun berbagai kegiatan pariwisata untuk tahun 2014, salah satunya sendratari di Pulau Kemaro.  Menurutnya, selama ini tidak banyak yang dapat dinikmati oleh pengunjung di salah satu objek wisata andalan di metropolis tersebut, selain berkeliling pagoda, serta berfoto.

” Karenanya Disbudpar menggagas suguhan sendratari, misalnya sendratari sejarah Pulau Kemaro. Jika selama ini wisatawan, hanya membaca sejarahnya di prasasti saja maka dengan visualisasi ini diharapkan lebih menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung kesana,” kata Yanuarpan ketika dibincnagi, kemarin.

Ia menjelaskan, pertunjukan sendratari tersebut akan digelar dua kali dalam satu hari. Misalnya pada pukul 09.00 WIB dan 14.00 WIB. Dengan begitu, ada keinginan dari pengunjung, menantikannya dan betah berlama-lama di Pulau Kemaro. “Untuk mensukseskan kegiatan itu, kami akan mengajak Yayasan Bujang Gadis Palembang (BGP), agar lebih mengetahui bagaimana sejarah sebenarnya,”ucapnya.

Dengan digelarnya sendratari serta hiburan lain di Pulau Kemaro tersebut, Yanuarpan menyebutkan, jumlah pengunjung diharapkan dapat meningkat. Selain itu juga, kemeriahan di Pulau Kemaro tidak hanya terjadi satu tahun sekali saja yakni saat peringatan Cap Go Me tetapi bisa berlangsung setiap harinya.

“Ini kita lakukan, agar kunjungan wisatawan di Palembang meningkat. Selain itu, juga bagian dari menjadikan Palembang sebagai kota air terdepan. Ini sudah menjadi program pemkot,” ucapnya.

Menurut Yanuarpan, tidak hanya mempersiapkan berbagai pertunjukan dan paket wisata di saja, akses menunju Pulau Kemaro juga akan dibenahi.  “Selama ini masyarakat yang ingin berkunjung, bisa menyewa kapal jukung untuk kesana. Namun kedepan, tidak lagi. PT SP2J tengah mengembangkan paket wisata murah dengan bus air ke Pulau Kemaro. Ini akan kita manfaatkan untuk menarik kunjungan wisatawan,” tukasnya.

Teks     : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com