Atasi Bibit Palsu, Siapkan 10 Kebun Bibit Desa

 357 total views,  2 views today

Romli Hofiah, Kadistanhut Kab PALI.

Romli Hofiah, Kadistanhut Kab PALI.

PALI | KS-Mayoritas masyarakat Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) adalah petani karet. Peremajaan kebun karet rakyat menjadi kebutuhan utama dalam meningkatkan produktifitas petani. Tetapi faktanya, tidak jarang petani juga sering mendapat bibit karet palsu. Untuk itu, untuk mengatasi hal itu, Dinas Pertanian dan Kehutanan (Distanhut) Kabupaten PALI akan siapkan Kebun Bibit Desa (KBD). Hal itu dikatakan Romli Hofiah, Kepala Distanhut Kabupaten PALI kepada Kabar Sumatera (KS) belum lama ini di ruang kerjanya di KM 10 Talang Ubi.

Dengan adanya KBD ini, lanjut Romli, diharapkan kesulitan petani mendapatkan bibit berkualitas dapat dipenuhi petani. Sehingga petani tidak lagi mendapatkan bibit karet palsu.

“Kasihan para petani kalau mendapat bibit palsu. Biaya yang dikeluarkan sudah banyak, tapi ketika disadap getahnya kurang. Padahal dari masa tanam sampai masa sadap membutuhkan waktu sedikitnya enam tahun,” ulas Romli pula.

Soal desa mana saja yang akan mendapatkan kebun pembibitan, menurut Romli akan dibagi secara merata dan disesuaika dengan tingkat kebutuhan petani.  “Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) kita sudah melakukan pendataan di desa mana saja akan dibangun KBD ini. Sebab petugas lapangan lah yang lebih tahu kondisinya,” tambah Romli.

Memang diakui, ketika petani melakukan peremajaan pohon karetnya, maka persoalan bibit berkualitas menjadi kebutuhan utama bagi petani karet. Jaminan kualitas bibit karet unggul sangat diperlukan. Untuk itulah Distanhut PALI mengambil sikap untuk memberikan solusi bagi petani yang membutuhkan bibit ini, melalui kebun pembibitan. “Agar para petani mendapatkan kepastian soal bibit unggul, kita akan siapkan Kebun Bibit Desa atau KBD,” tambahn Romli.

Tidak tanggung-tanggung, Distanhut PALI langsung menyiapkan sepuluh lokasi KBD. Masing-masing kecamatan akan mendapatkan dua lokasi. Setiap lokasinya akan dibantu penyemaian 25.000 batang bibit karet unggul.

Saat ini Kabupaten PALI memiliki lima kecamatan. Kecamatan Talang Ubi, Kecamatan Tanah Abang, Kecamatan Penukal, Kecamatan Penukal Utara dan Kecamatan Abab. Sehingga seluruhnya akan dibangun sepuluh kebun pembibitan.

TEKS / FOTO : INDRA SETIA HARIS

EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster