Aef, ‘Pejuang’ Nasi Gemuk

 266 total views,  2 views today

Aef Saefudin (52) penjual nasi gemuk

Aef Saefudin (52) penjual nasi gemuk

PALEMBANG | KS-Kerja keras Aef Saefudin (52) penjual nasi gemuk berada di kawasan Lawang Kidul Darat Ilir Timur II Palembang agaknya berbuah manis. Dari jual nasi ini, ia pun sukses menyekolahkan ketujuh anaknya yang diantaranya bergelar Strata Satu. Anak-anak Aef pun ada yang sekolah di bangku Sekolah Menegah Pertama yang memiliki akreditasi A.

“Aku menggeluti bisnis ini sejak 2007. Alhamdulillah, sekarang  delapan anak aku dapat menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi dan yang satu lagi masih SMP,” cetus Aef yang sehari-harinya dibantu anaknya Ihsan untuk berjualan nasi gemuk.

Ketika dijumpai Harian Umum Kabar Sumatera, Ahad (10/11), Aef bercerita profesi jualan nasi gemuk ia rintis sejak 2007. Sebelumnya, Aef pun persisnya 1982 sempat berjualan nasi putih di Pasar 16 Ilir Palembang. Namun, kala itu ia berujung bangkrut ulah krisis modal. Berikutnya, ia hijrah ke kota kembang tepatnya di Kota Bandung pada 1989.

“Waktu itu aku jualan pempek dan Alhamdulillah laris manis,” kenang Aef.

Ujar Aef, ia menjual nasi gemuk dengan harga yang bervariasi tergantung menu. Misalnya, untuk nasi ayam dibanderol seharga Rp 10.000, nasi telur seharga Rp 4.000, dan nasi tempe seharga Rp 4.000 per porsi.

Tiap harinya, Aef pun bisa meraup omzet dari nasi gemuk sebanyak Rp 700.000. Untuk memeroleh omzet itu, Aef terkadang berjualan dari pagi hingga larut malam hari.

“Jujur, aku tak bisa bayangkan dengan nasi gemuk ini bisa sekolahkan anak-anak hingga jadi sarjana,” tukasnya.

Kata Aef, ia termasuk penjual nasi gemuk yang mujur. Betapa tidak? Saat ini ia berjualan nasi gemuk dengan lokasi yang strategis sehingga banyak pembeli yang datang silih berganti. Alhasil, banyak pelanggan setia Aef yang kenal dengan warung nasi Aef dengan nama Buk Asiro.

“Orang yang beli nasi di sini macam-macam. Ada pegawai swasta, tentara, dan masyarakat umum,” bebernya.

Ainur (24), pelanggan Aef berkata, nasi gemuk milik Aef yang ia santap cukup nikmat beda dengan nasi gemuk pada biasanya. Yang membuat kenikmatan pada nasi gemuk Aef terletak pada tekstur nasi yang sangat kaya serat dengan bumbu racikan.

“Hampir setiap pagi saya sarapan nasi Buk Asiro ini. Soalnya nasi gemuk ini sangat enak dan maknyus…hehehe,” puji gadis yang berkerja di salah satu perusahan swasta di kota ini.

TEKS/FOTO:AMINUDDIN

EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster